MILZERU – Anyeonghaseo, kalian tentu sudah tidak asing dong dengan sapaan yang satu ini, apalagi kalau kalian bagian dari K-Popers atau K-Drama Lovers. K-Popers seringkali dianggap miring oleh non-K-Popers, mereka dianggap fanatik dan bar-bar.

Padahal K-Popers gak selalu fanatik apalagi bar-bar lho. Sama seperti pria saat menonton bola, para K-Popers histeris hanya untuk berekspresi. Lagi pula enggak ada yang salah dengan menjadi K-Popers, malah ada beberapa keuntungan lho menjadi seorang K-Popers. Penasaran apa aja keuntungannya? Simak penjelasan di bawah ini ya Gengs.

Meningkatnya kemampuan berbahasa asing

Jangan salah, menjadi K-Popers bisa meningkatkan kemampuan bahasa asing lho. Yang pertama sudah pasti bahasa Korea, kan K-Pop, lagu-lagunya pasti berbahasa Korea. Pecinta K-Pop biasanya akan menghapal lagu-lagu idolanya, dari situ kemampuan bahasa Korea bisa sedikit terasah. 

Selain itu bisa meningkatkan bahasa Inggris juga lho. Kok bisa? Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan pecinta K-Pop gak cuma dari Indonesia, biasanya subtitle yang mudah didapat ya bahasa Inggris. Nah, double kan jadinya.

Membangun kepercayaan diri

Lagu-lagu K-Pop kalau kalian mencari tahu artinya, banyak sekali yang memotivasi lho. Misalnya saja lagu-lagu di album BTS Love Yourself, buat kamu yang sering merasa insecure lagu-lagu tentang mencintai diri sendiri tentu bisa memotivasimu agar kamu bisa menerima diri kamu apa adanya. Kamu bisa lebih mencintai dirimu sendiri dan mengurangi rasa insecure kamu.

Mengasah bakat terpendam

Dengan menjadi K-Popers kamu juga bisa mengasah bakat terpendam kamu lho. Misalnya bakat bernyanyi, dance, akting dan sebagainya. Jika dulu mungkin kalian agak malu-malu untuk menunjukkan bakat tersebut, dengan menjadi K-Popers biasanya kamu akan lebih pede buat nunjukin bakat kamu ini. Kamu juga bisa meng-cover lagu atau dance idolamu untuk mengasah bakatmu ini.

Menambah pengetahuan

Pengetahuan di sini bisa apa saja, misalnya pengetahuan tentang kebudayaan Korea dan sejarahnya. Lalu kamu juga biasanya akan bisa membedakan tulisan Korea, Jepang dan China. Selain itu, enggak sedikit juga idola yang gemar membaca buku lalu buku tersebut bisa menjadi rekomendasi bacaan para penggemarnya.

Menambah teman

Fandom K-Pop biasanya memiliki solidaritas yang sangat kuat, kalian bisa saling follow di media sosial, berbagi cerita atau apa saja. Jangan lupakan fakta bahwa penggemar K-Pop itu enggak cuma dari Indonesia, jadi kamu bisa menambah teman dari luar negeri juga.

Rajin menabung

Penggemar K-Pop biasanya rajin menabung untuk membeli album atau menonton konser sang idolanya. Kalau sudah punya kebiasaan bagus ini, kebiasaan menabung bisa diterapkan juga untuk kebutuhan yang lain. 

Nah, jadi K-Popers enggak selalu negatif kan? ada banyak keuntungan menjadi seorang K-Popers yang bisa kamu dapatkan. Jadi, semangat terus K-Popers, abaikan aja orang yang memandang miring kita, hihihi.