MILZERU – Gengs, enggak terasa ya kita sudah berada di penghujung tahun 2020. Bicara soal tahun 2020, banyak banget hal sulit yang harus kita lalui. Tetapi bisa bertahan sampai saat ini, kalian sungguh luar biasa.

Omong-omong soal akhir tahun, biasanya akhir tahun identik dengan libur panjang. Kita seringkali menetapkan rencana liburan di tanggal-tanggal ini. Tetapi karena pandemi masih melanda dunia, lalu dengan wacana pemerintah yang memangkas hari libur di akhir tahun, rasa-rasanya kata liburan menjadi jauh sekali untuk dijangkau.

Tetapi tenang aja Gengs, meski akhirnya kalian harus batal liburan di akhir tahun ini, masih ada hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk mengisi akhir tahun kalian ini. Mau tahu apa saja? Simak penjelasan di bawah ini ya Gengs.

Kumpul dengan keluarga 

Sebagian dari kita mungkin telah menghabiskan waktu hampir setahun ini dengan keluarga karena pandemi ini. Meskipun begitu, pikiran kita seringkali tidak benar-benar berada di rumah. Ada yang pikirannya tertuju pada tugas sekolah atau tugas kuliah, ada yang pikirannya berfokus pada pekerjaan karena meskipun di rumah saja, sekolah/kuliah dan kerja masih dapat dilakukan secara online. 

Hal yang bisa dilakukan di akhir tahun

Oleh karena itu, alangkah baiknya kalian menghabiskan waktu akhir tahun kalian dengan berkumpul bersama keluarga. Kalian bisa menggunakan waktu itu dengan mengobrol atau apa saja, saat itu mungkin pikiran kalian bisa lebih fokus sehingga quality time kalian akan lebih bermakna.

Memanfaatkan waktu untuk beristirahat

Hal yang bisa dilakukan di akhir tahun

Hey, tahun 2020 benar-benar melelahkan bukan? Jika kalian tidak sempat berlibur ke tempat wisata, ada baiknya jika kalian memanfaatkan waktu untuk beristirahat dan bersiap menyambut tahun selanjutnya. Seperti yang telah dikatakan, meski sering di rumah, tugas-tugas masih tetap harus kita kerjakan oleh karena itu menggunakan waktu luang untuk beristirahat bisa dikatakan bijak.

Beres-beres rumah

Hal bisa dilakukan di akhir tahun

Karena keseringan di rumah, bisa jadi kalian sumpek dengan suasana rumah yang itu-itu saja. Kalian bisa lho, memanfaatkan libur akhir tahun dengan beres-beres rumah atau bila perlu mendekor ulang rumah kalian. Selain itu, rupanya beres-beres rumah juga bisa jadi pereda stress lho karena dapat memberikan efek terapeutik dan meditatif sehingga bisa membuat kita lebih rileks setelah melakukannya.

Menonton film

Hal yang bisa dilakukan di akhir tahun

Karena terlalu disibukkan dengan tugas kuliah dan pekerjaan, bisa jadi kamu gak punya waktu untuk menonton film. Libur akhir tahun ini—meskipun dipangkas—bisa kamu gunakan untuk menonton film kesukaanmu. Atau mungkin ada film terbaru dari aktor favoritmu yang ingin kamu tonton, libur akhir tahun bisa jadi kesempatan yang bagus buat menatap sang idolamu, hihi.

Memperdalam softskill atau mencari hobi baru

Hal yang bisa dilakukan di akhir tahun

Libur akhir tahun juga bis kamu gunakan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan. Kamu juga bisa menggunakan waktu ini untuk mengasah kemampuanmu. Misalnya kamu memiliki bakat di bidang melukis, kamu bisa memperdalam bakatmu ini dengan waktu libur akhir tahun. Atau kamu baru saja tertarik dan ingin mencoba hal baru, waktu senggang ini sangat bisa kamu gunakan untuk hal yang ingin kamu coba itu.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengisi liburan akhir tahun. Enggak liburan ke tempat wisata, liburan di rumah aja juga bisa, hihi.