MILZERU – Gengs drama korea Start Up merupakan drama yang tengah menjadi bahan perbincangan dunia hiburan saat ini. Selain jalan ceritanya yang menarik, drama ini juga menampilkan tokoh utama yang aktingnya luar biasa lho. Selain itu, iringan lagu di drama ini juga mampu menyentuh perasaan kita yang sedang menonton drama tersebut.

Drama yang ditayangkan tiap akhir pekan di saluran televisi Korea TVN itu juga dibumbui dengan kisah cinta segitiga, antara Seo Dal Mi (Bae Suzy), Nam Jo Hyuk (Nam Do San), dan Kim Seon Ho (Han Ji Pyeong). Penonton pun terbelah jadi dua kubu antara #TimDoSan dan #TimJipPyeong. Kalau kalian tim mana nih Gengs?

Baca juga: Dalam Film Startup, Kalian #TeamDosan Atau #TeamJiPyeong Gengs?

Setelah menyaksikan drama Start Up malam ini, ada baiknya kita ngumpulin OST-nya dulu yuk untuk playlist kamu. Melodi dari soundtrack drama ini, enak banget untuk didengar lho. Yuk, scrolling pelan-pelan ke bawah Gengs untuk liat  apa aja lagu-lagunya! 

1. Future - Red Velvet

Future merupakan lagu pertama yang membuka drakor ‘Start-Up’ dan dinyanyikan oleh girlband Red Velvet. Lagu ini menggambarkan tentang sosok Seo Dal Mi, wanita muda yang memiliki mimpi yang tinggi akan pekerjaan dan cinta. Nadany yang gamoang di dengar ini kerap mengiringi momen-momen romantis sekaligus perjuangan Dal Mi ketika berjuang memperoleh pekerjaan yang dicita-citakan.

2. Kim Feel, One Day

Lagu yang pertama ini, mewakili perasaan Dal Mi ketika ingin sekali bertemu dengan sahabat penanya sekaligus cinta pertamanya.

Mari bertemu secara kebetulan suatu hari nanti
Seperti hari perpisahan yang membutakan
Bahkan jika kita tidak saling mengenal
Biarkan saja, saat kau berjalan melalui jalan yang aneh

Penggalan lirik itu, berada di bait kedua Gengs. Di mana, penuh berharap dia akan bertemu dengan seseorang yang ia nantikan.

3. Day & Night, Jung Seung Hwan

Lirik lagu yang dinyanyikan oleh Jung Seung Hwan ini, menggambarkan tentang perasaan yang sedang jatuh cinta. Lirik dari awal hingga akhir, mencoba mengutarakan perasaan cintanya kepada seseorang yang diimpikan selama ini.

Puitis banget, diakhir lagu, liriknya mengartikan bahwa ketika pasangannya mengalami hal sulit, hanya dia yang mampu menenangkan dan membuatnya tersenyum kembali.

Baca juga: Kali Ini Netizen Mengincar Akun Instagram Nam Joo Hyuk Gengs!

4. Running – Gaho

Nahh, Setelah sukses mengisi soundtrack drama Korea ‘Itaewon Class’, penyanyi Gaho ini kembali membangkitkan semangat jiwa-jiwa para pejuang masa depan di drama ‘Start-Up’ melalui lagu berjudul Running. Mendengar lagu ini seakan membawa pendengarnya tidak patah semangat mengejar mimpi dan cita-cita.

5. 10Cm, Where Is Dream

Duo 10cm beranggotakan Kwon Jung Yeol dan Yoon Cheol Jong juga ada dalam jajaran soundtrack ‘Start-Up’ dengan lagu berjudul Where is Dream. Lagu yang dibawakan secara akustikan ini memiliki lirik yang menceritakan tentang lika-liku perjalanan hidup dan perjuangan meraih mimpi.

6. Cheeze, Even For A Moment

Suatu saat nanti aku akan tersenyum
Saat-saat itu akan datang kepadaku
Sepertinya aku menyukainya meskipun itu hanya sekedar mimpi

Melampaui penantian yang panjang itu
Itu terapung di langit berwarna abu-abu
Mimpiku yang mulai kian memudar itu
Walau sesaat saja dengan tak sengaja, carilah diriku ini 

Baca juga: Kemiripan Sifat Karakter Yang Bikin Penonton Start Up Galau

Kedua bait itu, merupakan penggalan lirik yang sangat puitis Gengs, di mana seseorang memimpikan orang yang ia cintai selama ini. Dari penggalan lirik itu, kira-kira perasaan siapa nih yang diwakili?

7. My Love – Davichi

Lagu selanjutnya dari Davichi lagi nih Gengs, Sepertinya bagi penggemar drama korea sudah tidak asing lagi dengan setiap soundtrack lagu dari Davichi ini, Melodi dan lirik lagu yang puitis dari Davichi, sudah tidak bisa diragukan lagi Gengs. Lagunya, selalu mengisi drama-drama favorit dan selalu berhasil bikin terngiang-ngiang. Setuju ga nih? 

Ost ini penuh dengan harapan, lagu ini mencoba mengutarakan perasaan cinta kepada orang yang ia impikan selama ini. Ketika harapan itu mulai kalbu, dia tetap berusaha supaya cintanya tersampaikan.

8. Blue Bird – Ailee

Lagu pengiring drama ‘Start-Up’ makin menarik ketika penyanyi papan atas Korea Selatan, Ailee juga turut andil menyanyikan tembang berjudul Blue Birds. Lagu dengan nada tinggi khas penyanyi bernama asli Lee Ye Jin cukup menguras emosi bagi yang mendengarkannya.

9. Sandeul, Lonesome Diary

Seperti melodinya yang sangat lembut, lagu dari Sandeul berjudul Lonesome Diary ini, menggambarkan perasaan yang sedang khawatir dan penuh dengan keraguan akan langkah hidupnya. Lagu ini, mewakili perasaan orang dewasa yang harus memperjuangkan hidup.

10. Two Word – WENDY

Lagu ini mewakili perasaan Dal Mi, kepada cinta pertamanya yaitu Nam Do San (Han Ji Pyeong) sang penulis surat yang begitu mampu menggerakan hati Dal Mi. Lirik lagu yang sangat puitis ini, hanya menggambarkan perasaan “cinta” yang dimiliki seseorang. Penantian? Tak perlu khawatir, dia sanggup menunggu asalkan cintanya ketemu. Anggota grup vokal wanita perempuan Korea Selatan Red Velvet, Wendy turut menyumbangkan suara emasnya secara solo di drakor ‘Start-Up’. Tembang berjudul Two Words yang mengusung genre pop ballad ini menggambarkan keindahan, kesedihan, sekaligus rasa sakit pemeran utama pada episode 11.

11. My Dear Love – Suzy

Bae Suzy atau pemeran Seo Dal Mi di drama ‘Start-Up’ memberikan kejutan bagi para penggemarnya dengan menyanyikan lagu My Dear Love pada episode 14. Suara emas mantan personel girlband Miss A ini tak diragukan lagi pastinya Gengs membuat penonton baper apalagi drama ini akan berakhir dalam dua episode lagi. Duh, makin berat berpisah dengan drama ‘Start-Up’ nih pastinya!