MILZERU – Idol Kpop yang merupakan anggota WayV ini biasanya dikenal karena membawa kegembiraan pada penggemar lewat lelucon jenaka. Namun, idol yang bernama panggilan Hendery NCT kini menuai sorotan tajam usai memamerkan tiga foto di halaman Weibo-nya Gengs.

Unggahan penyanyi K-Pop itu dikritik netizen karena dianggap menghina budaya. Lantaran dalam tiga potret tersebut, Hendery berpose dengan rambut gimbal palsu berpadu ikat kepala bergaya Rastafarian. Meski deretan foto itu telah dihapus dari halaman Weibo-nya, Tapi warganet terlanjur mengabadikan foto itu dan segera mem-viralkannya.

Hendery NCT

Menurut laporan The Week UK, perampasan budaya dalam kamus Oxford, dari Theory, Richard A. Rogers menyatakan perampasan budaya adalah menggunakan simbol, artefak, genre, ritual, atau teknologi budaya oleh anggota kebudayaan yang lain.

Perilaku ini juga dikenal dengan perampasan budaya yang biasanya diambil dari kelompok diskriminasi atau minoritas. adapun komentar netter yang menyinggung foto tersebut. 

"Apa yang dilakukan Hendery tidak bisa dimaafkan dan tidak boleh dilindungi. Seharusnya dia bisa mendapat didikan tentang itu," tutur @thcjjk.

Tapi ada juga beberapa warganet yang memberikan pembelaan kepada Hendery, Selain itu mereka juga mengatakan Hendery tak tahu kenapa wig tersebut dipandang sebagai perampasan budaya.

Banyak penggemar berusaha memberitahunya tentang itu. Mereka bahkan menyinggung bahwa perampasan budaya adalah hal yang biasa di antara banyak grup K-Pop, entah disengaja atau tidak, tetapi kini harus lebih ekstra hati-hati, dan menghormati antar budaya lain.

Sementara kontroversi ini sudah terlanjur meluas, tetapi belum ada keterangan resmi dari SM Entertainment terkait foto Hendery NCT ini Gengs. Semoga cepat selesai ya permasalahan ini.