MILZERU – Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan negara Indonesia. Di Indonesia menemukan pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah hal yang biasa. Tapi pernahkah kalian berpikir bahwa bahasa Indonesia juga dipelajari oleh orang luar negeri, bahkan dijadikan jurusan resmi di sebuah Universitas di luar negeri?

Ada cukup banyak jurusan Bahasa dan Sastra asing di Universitas di Indonesia, tetapi jangan salah, di luar negeri juga ada lho universitas yang menawarkan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia1. . 

​1. School of Oriental and African Studies (SOAS) – University of London, Inggris

SOAS University of London merupakan universitas di Inggris yang memiliki paket lengkap jurusan tentang Indonesia. Bahasa, literatur, dan budaya Indonesia adalah jurusan yang ditawarkan oleh SOAS University yang masuk dalam Department of the Languages and Cultures of South East Asia. 

Di universitas ini, mahasiswa akan diberi modul mengenai literatur dan film Indonesia, membaca naskah Melayu dari Indonesia pra-modern, dan lain sebagainya. Mahasiswa juga bisa mengikuti studi langsung selama satu tahun di Indonesia di tahun keempat. 

Mahasiswanya terdiri dari berbagai negara lho dan setiap tahunnya universitas ini menerima siswa program pertukaran dari Eropa. 

2. University of Washington, Amerika Serikat

Di benua Amerika ada juga yang menawarkan jurusan tentang bahasa Indonesia yaitu di University of Washington di Seattle, Amerika Serikat. Berada di bawah naungan Department Asian Languages and Literature, Bahasa Indonesia bersanding dengan bahasa Jepang, Mandarin, Korea, hingga Thailand. Tidak hanya itu, jurusan ini juga membuka kelas untuk program sarjana dan pascasarjana lho.

3. Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Korea Selatan

Hayo, siapa di sini yang belajar bahasa Korea karena Oppa-oppa? Jangan salah, di negara yang terkenal dengan K-Pop dan K-Drama ini juga memiliki universitas yang menawarkan jurusan bahasa dan sastra Indonesia lho. Bahkan studi mengenai bahasa Indonesia ini terdapat di dua departemen berbeda lho. Wah, bisa tukeran ilmu ya nanti Sam oppa, hihi.

4. University of Melbourne, Australia

Menjadi negara yang dekat dengan Indonesia baik secara geografis maupun politik, dan juga menjadi salah satu negara tujuan favorit pelajar Indonesia mambuat negara Kangguru ini membuka program kajian Indonesia. Di sini, University of Melbourne, mahasiswa akan mempelajari secara menyeluruh bahasa, budaya, politik dan masyarakat Indonesia kontemporer, industri kreatif di Indonesia dan masih banyak lagi. Bukan hanya universitas, bahasa Indonesia bahkan sudah menjadi salah satu mata pelajaran di tingkat sekolah dasar lho.

5. Leiden University, Belanda

Negara kincir angin dengan negara Indonesia memang memiliki sejarah yang sangat dekat ya, Gengs. Bahkan banyak mahasiswa Indonesia yang merantau di sana sering menyebut Belanda ini dengan home away from home karena kemudahan dalam menemukan makanan Indonesia.

Hal ini membuat beberapa institusi pendidikan merasa perlu mempelajari bahasa Indonesia, salah satunya Leiden University. Program Kajian Indonesia berada di bawah naungan Faculty of Humanities, tepatnya School of Asian Studies. Bahkan ada beberapa tokoh pahlawan nasional yang namanya dijadikan nama jalan di kawasan Ijburg, Amsterdam, Belanda.

Itu dia beberapa universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan mengenai bahasa Indonesia. Gimana, kalian tertarik untuk belajar bahasa Indonesia di negeri orang?