MILZERU – Memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keindahan negara kita tercinta ini. Dari Sabang sampai Merauke, hampir di seluruh penjuru negeri ini keindahan terhampar tiada habisnya. 

Tidak heran jika banyak turis baik dalam negeri maupun luar negeri yang rela berdatangan untuk melihat keelokan negeri ini. Sebagai negeri kepulauan, bahkan untuk turis lokal pun harus menyeberang pulau atau menggunakan pesawat untuk dapat mengunjungi tempat wisata eksotis Indonesia.

Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang sangat elok dan terkenal bukan hanya di dalam negeri tapi terkenal juga di luar negeri.

Danau Toba (Sumatera Utara)

Saat mendengar nama danau ini mungkin masyarakat Indonesia akan teringat dengan legenda danau Toba dan pulau Samosir. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah danau Victoria.

Danau Toba memiliki luas 1.145 km persegi dengan kedalaman sekitar 450 meter, danau ini termasuk salah satu danau terdalam di dunia. Di tengah pulau ini terdapat pulau Samosir yang luasnya hampir sama dengan negara Singapura. Danau ini sudah menjadi objek wisata favorit sejak tahun 1980-an lho, keren banget kan.

Nusa Penida (Bali)

Siapa yang tidak tahu Bali, bahkan orang asing banyak yang menyangka bahwa Bali merupakan negara, padahal Bali adalah bagian dari Indonesia. Salah satu objek terkenal di dunia adalah Nusa Penida, panorama pantai di sini gak main-main. Pulau-pulau di sekitar Nusa Penida juga menawarkan pengalaman luar biasa. Buat kalian yang suka Island Hoping, tempat ini cocok banget buat dikunjungi, keindahan bawah lautnya juga oke banget lho.

Taman Laut Bunaken (Sulawesi Tenggara)

Wisata bahari di Indonesia memang juara, salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang berada di Teluk Manado. Jika kalian berwisata kesini, kalian akan melihat keindahan kehidupan di dalam laut yang membuat kalian berdecak kagum. 

Ada sekitar 13 jenis terumbu karang di taman laut ini. Selain itu, mata kita juga dimanjakan dengan 91 jenis ikan yang hidup di taman laut ini. Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas untuk scuba diving dengan 20 titik penyelaman terbaik.  Enggak heran, kalau Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata favorit baik bagi turis lokal maupun asing. 

Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Salah satu Hidden Gems Indonesia adalah Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Raja Ampat merupakan empat pulau indah penghasil lukisan batu kuno. Empat pulau tersebut adalah Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Nama-nama pulau tersebut berasal dari mitos masyarakat setempat. 

Luas pulau ini mencapai 4,6 juta hektar tanah dan laut, dengan 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Bahkan menurut The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal dan hidup di pulau surga dunia ini.

Gunung Bromo (Jawa Timur)

Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona luar biasa yang sangat sayang jika dilewatkan. Meskipun bukan gunung tertinggi, tapi keindahan pemandangan di gunung ini gak bisa diremehkan lho. 

Kalian bisa berkuda dan mendaki gunung ini untuk melihat matahari terbit atau terbenam, pesona khas berupa gurun pasir di gunung Bromo ini juga memberikan pengalaman pemandangan yang sulit kamu jumpai di tempat lain.

Nah itu dia beberapa objek wisata Indonesia yang terkenal di dunia. Gimana, kalian tertarik berkunjung? Harus dong, hihihi.