MILZERU – Arung jeram menjadi salah satu wisata adrenalin favorit. Bagi kalian yang memiliki jiwa petualang, tentu selalu ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang dan memacu adrenalin. Pun dengan arung jeram ini, karakteristik jeram dan medan yang semakin sulit tentu semakin membuat bersemangat untuk dicoba.

Di Jawa Barat, ada beberapa sungai untuk para pecinta rifting yang harus kalian coba. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini.

Sungai Palayangan

Sungai Palayangan menjadi lokasi arung jeram yang patut dicoba karena memiliki tipe sungai yang berbeda dengan sungai lainnya. Sungai ini juga memiliki debit air yang relatif stabil dan tidak terpengaruh oleh cuaca sehingga kamu bisa bermain arung jeram kapan saja.

Tingkat kesulitan di sungai Palayangan mendapat grade III dan IV, grade III berarti sungai memiliki jeram tidak beraturan, lebar sungai menyempit, dan terdapat resiko terjadinya perahu terbalik meskipun masih relatif minim. Grade IV berarti sungai ini relatif panjang dengan medan yang sulit. Kalian bisa menikmati wisata ini mulai dari harga Rp 150.000 - 875.000.

Sungai Cikandang

Arung jeram tentu semakin seru jika dilakukan di sungai dengan arus yang deras. Sungai Cikandang memiliki panjang 28 km dengan kemiringan yang curam. Jeram yang tercipta di sungai ini sangat menantang. Sama dengan sungai Palayangan, sungai ini juga memiliki debit air yang stabil dan hampir tidak terpengaruh oleh musim sehingga kalian bisa mencobanya kapanpun. Untuk mengarungi sungai ini, kalian perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 500.000.

Sungai Cimanuk

Kalau kalian masih pemula tetapi ingin mencoba wisata ekstrim ini, bisa nih mencobanya di sungai Cimanuk, Garut, Jawa Barat. Medan dan jeram di sungai ini masih tergolong aman untuk pemula, dan sepanjang rafting kalian akan menikmati pemandangan hijau karena melewati kebun dan persawahan milik warga. Untuk mencoba arung jeram di sungai ini kalian perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 350.000 - Rp 875.000 per orang.

Sungai Citatih

Sungai Citatih merupakan salah satu sungai primadona bagi penyuka arung jeram. Sungai dengan panjang 22 km ini memiliki 20 jeram yang menantang di sepanjang sungainya. Dibandingkan sungai Citarik, sungai Citatih lebih lebar dan lebih dalam. Ada tiga paket ditawarkan di sungai ini, harganya berbeda-beda tergantung dari jalur dan fasilitas yang dipilih pengunjung, tarfinya termurah dimulai dari harga Rp 275.000.

Sungai Citarik

Lokasi arung jeram yang seru dan menantang lainnya ialah sungai Citarik. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena berada di grade IV. Sungai Citarik memiliki kemiringan yang curam dan jeram yang menyambung. Di sekitar jeram juga terdapat bebatuan besar yang membuat tantangan jeram di sungai ini semakin seru.  Di sepanjang track rafting, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hijau di sekitar sungai. 

Ada beberapa pilihan jarak rafting yang disediakan di sungai ini, kalian bisa memilihnya sesuai keinginan, pilihan jarak tersebut ialah 5 km, 9 km, dan 12 km. Harga yang ditawarkan juga terjangkau lho. 

Gimana, Gengs, kalian tertarik untuk mencoba wisata adrenalin yang satu ini? Selamat mencoba, siapkan jantung kalian, hihihi.