MILZERU – Fenomena akun diretas belakangan ini cukup sering terjadi. Hal ini bisa menimpa siapa saja, bahkan para artis kondang dari Korea Selatan. Di tahun 2020, ada beberapa artis Korea Selatan yang mengalami kejadian tidak mengenakkan itu. Berikut ini adalah tujuh artis Korea Selatan yang pernah menjadi korban peretasan.

Jennie Blackpink

Anggota dari grup Blackpink ini pernah mengalami peretasan pada akun kedua Instagramnya. Diketahui Jennie memiliki 2 akun Instagram yaitu @jennierubyjane dan @lesyeuxdenini. Pada akhir November 2020, melalui Instagram Story akun keduanya, ia meminta agar ruang privasinya dihargai. Diketahui pula bahwa membutuhkan dua bulan hingga akun @lesyeuxdenini bisa diaktifkan kembali.

Mendiang Goo Hara

Pada tanggal 24 November 2019, mantan anggota KARA ini ditemukan meninggal dunia. Lalu pada 13 Desember 2020, muncul cuitan dari akun Twitter mendiang Goo Hara @_sweethara. 

Penggemar menduga tweet tersebut adalah ulah hacker. Penggemar juga marah dan kecewa karena merasa idolanya tidak dihargai.

Gongchan B1A4

Akun Instagram dan Daum milik salah satu anggota B1A4, Gongchan, juga pernah diretas. Pada Juli 2020, ia memberitahukan hal tersebut melalui akun Twitternya. Kemudian pada Desember 2020, akun Instagram yang diretas tersebut melakukan siaran langsung, selain itu hacker juga mengunggah foto seorang pria yang diduga sebagai hacker tersebut.

IU

Penyanyi sekaligus aktris yang memiliki nama panggilan "Mbak Ayu" dari penggemar Indonesia ini juga pernah mengalami peretasan. 

“Aku belum menggunakan akun Instagramku, tetapi aku menemukan bahwa (akunku) mengikuti akun yang tidak kukenal. Ini juga terjadi terakhir kali. Aku menerima banyak pesan teks tentang upaya meretas kata sandi akun Instagramku. (Akun) Jang Man Wol (nama karakter IU di Hotel Del Luna) juga. Hentikan. Jangan diretas. Ini adalah milikku,” tulis IU dalam Instagram Story-nya.

Youngjae GOT7

Pada September 2020, Youngjae GOT7 pernah mengunggah foto di akun Instagramnya. Dalam caption-nya, ia menulis bahwa sepertinya ada yang mencoba meretas akunnya.

“Sepertinya seseorang meretas akunku. Jika sesuatu yang aneh diupload atau 'disukai', itu bukan aku~ Jika Anda melakukannya lagi, aku akan menemukan Anda. Aku melihat dari mana Anda mencoba masuk,” tulis Youngjae.

Yuri SNSD

Artis selanjutnya yang mengalami peretasan adalah Yuri SNSD. Ia pernah membagikan dua foto yang salah satunya menunjukkan bahwa Yuri memfollow akun @istrinyaa.seventeen. Yuri bingung karena ia tak pernah memfollow akun tersebut. Ia lalu meminta agar akunnya tidak diretas.

Jo Byung Gyu

Baru-baru ini, akun Instagram aktor Jo Byung Gyu @bk_arta juga diretas. Hal ini diumumkan oleh agensi yang menaunginya, HB Entertainment. Agensi juga menambahkan bahwa segala tindakan yang dilakukan oleh akun tersebut baru-baru ini adalah ulah hacker.

Itu dia beberapa artis Korea Selatan yang pernah menjadi korban peretasan. Hemm, semoga kejadian-kejadian di atas tidak terulang dan tidak dialami oleh kalian ya, Gengs.