MILZERU – Kanker payudara selama ini mungkin dianggap hanya terjadi pada perempuan. Tapi, penyakit ganas ini juga bisa terjadi pada laki-laki dan tidak pandang bulu seperti yang menimpa ayah penyanyi .

 

Mathew Knowles mengungkap kalau ia mendapatkan perawatan untuk kanker payudara tahun ini. Mathew menjadi salah satu pria langka yang menghadapi penyakit ini.

Hal itu diungkapkan Knowles dalam wawancara dengan ABC ‘Good Morning America’ dan The New York Times. Knowles pertama kali menyadari ada sesuatu yang salah pada bulan Juli, ketika bercak darah terus muncul di kemejanya.

Knowles mengamati pola itu selama tiga hari dan mulai mempertanyakan apakah itu pengobatannya atau rejimen latihannya yang menyebabkan darah muncul. Kemudian Gena Avery Knowles, yang merupakan istrinya  juga melihat ada darah di seprai mereka.

"Jadi, aku meremas putingku dan benar saja, ada cairan keluar, cairan darah. Saya segera memanggil dokter," katanya seperti dikutip The New York Times.

Dokter kemudian melakukan tes apusan darah, namun katanya, hasilnya tidak meyakinkan. Hasil pemeriksaan mammogram kemudian menunjukkan bahwa ia menderita kanker payudara stadium 1A. Dia melakukan mastektomi pada bulan yang sama, Juli, dan mengatakan kesembuhannya "cukup mudah."

"Mereka juga mengangkat tiga kelenjar getah bening untuk melihat apakah kanker telah menyebar di tubuhnya," lanjut dia, dan dokter mengatakan belum menyebar.

Dokter juga melakukan tes yang mengungkapkan ia memiliki mutasi gen BRCA2, yang meningkatkan risiko kanker tertentu. Ia pun mendorong kedua putrinya untuk melakukan tes yang sama. 

Sebagai informasi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 245.000 wanita di Amerika Serikat mengetahui mereka menderita kanker payudara setiap tahun, dibandingkan dengan sekitar 2.200 pria. Penyakit ini membunuh sekitar 41.000 wanita dan 460 pria di negara itu setiap tahun.

Sumber artikel asli