MILZERU – Mungkin Tahun 2020 merupakan tahun yang dianggap terberat dari tahun-tahun sebelumnya, sampai Youtube tak jadi meluncurkan video tahunan Rewind.

Namun dengan kekreatifitasan anak bangsa, Para YouTuber pun berkolaborasi membuat video Rewind Indonesia 2020 untuk memompa semangat dan energi positif.

Video ini tayang dari akun Indonesian Youtubers bertajuk Rewind Indonesia 2020 dengan tagar #RI2020, #Save20 dan #TAYTB. Video berdurasi 14.21 ini disutradarai Chandra Liow dan Aulion.

Penggagasnya adalah Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Chandra Liow, Aulion dan Nessie Judge. Ditegaskan mereka Rewind ini tidak terkait dengan YouTube atau Google.

Nah konten-konten  yang disajikan pun tidak terbatas pada konten-konten menghibur, tetapi juga berisi sentilan-sentilan peristiwa politik yang terjadi di indonesai selama 2020.

Selain itu, peristiwa pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung menjadi sorotan utama dalam unggahan ini. Rewind Indonesia 2020 kemudian menggambarkan solidaritas masyarakat Indonesia berdonasi dan saling membantu di awal-awal masa pandemi virus Corona.

Penonton yang meninggalkan komentar di video ini banyak yang mengapresiasi bahkan bangga menyaksikan kumpulan peristiwa selama 2020 yang dikemas dalam video berdurasi 14 menit lebih ini.

Para netizen pun menorehkan pujian di kolom komentar video Youtube Rewind Indonesia 2020:

"THIS IS LEGEND...NOO THIS IS MYTICHAL GLORY," tulis Aditya Bayu Nugroho.

"Gila merinding banget asli, kalian semua keren parah, khusus buat skinnyindonesian24 selamat jalan, dan terima kasih," ujar Rahmad Feriansyah.

"YASSSS. Congrats untuk semuanya yang terlibat! Kalian semua keren!" ucap Akun Famous ID.

"This. Is. Epic. No. This. Is. SAVAGEEEEEEE," kata Konten Kreator Andy Sugar.