MILZERU – Baru-baru ini, jagat dunia maya dihebohkan dengan keputusan bergabung di laman Instagram. Dia membuat akun Instagram dan berbagai satu foto selfie bersama teman-temannya. Kemunculan Instagram Jennifer Aniston ini pun lalu mengundang banyak pertanyaan, mengapa baru sekarang Jennifer Aniston membuat akun Instagram?

Jennifer Aniston yang kini berusia 50 tahun, dikenal sebagai selebriti senior. Banyak yang menganggap, perlahan bisa saja pamornya semakin redup. Mereka adalah kelompok yang semakin terkikis popularitasnya. Awalnya, bisa saja selebritas terkenal ini menghindari media sosial. Tapi, ketika peringkat mereka menyusut, baru terpikirkan untuk bergabung di Instagram. Tak heran jika kemunculan akun Jennifer Aniston di Instagram bikin geger bahkan membuat Instagram down.

Padahal foto pertama yang diunggah Jennifer Aniston bersama  lawan mainnya di "Friends" persis seperti gambar buram, tidak fokus. Di fotonya, dia menuliskan caption, "And now we’re Instagram FRIENDS too. HI INSTAGRAM."

Debut foto Aniston begitu mengundang perhatian hingga membuat Instagram down. "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah mengikuti profil Jen sebelumnya pagi ini karena banyaknya orang yang ingin masuk ke dalam akunnya," kata seorang perwakilan untuk Instagram dalam sebuah email Selasa, 16 Oktober 2019.

Mulai Selasa malam, cerita-cerita di akun Jennifer Aniston penuh dengan selebriti lain yang menyukai Aniston bergabung dengan Instagram.

Namun sebelumnya, Jennifer Aniston sempat mengungkapkan mengapa ia enggan bergabung di Instagram. Saat diwawancara InStyle, Aniston mengatakan bahwa dia khawatir akan ada banyak orang-orang muda yang mencoba mencari tahu siapa dia mengambil fotonya lalu diedit dan diubah. "Dan kemudian itu seperti, saya tidak suka, lalu bertanya apakah saya disukai? Semua ini bisa saya bandingkan dan putus asa," katanya ketika itu.

Namun, berbeda lagi ketika ditanya di acara "The Morning Show," dengan banyak pewawancara bertanya tentang niatnya akan bergabung dengan media sosial. "Saya hanya manusia! Akhirnya saya akan menyerah,” canda Jennifer Aniston.

Karena hebohnya kemunculan akun Instagram Jennifer Aniston, banyak pengamat yang mengungkapkan pendapat, mengapa selebriti akhirnya membuat akun Instagram.

Dikutip laman The Washington Post, ada yang menilai, selebriti muda banyak yang memanfaatkan platform seperti Instagram untuk membangun fandom. Ini cara yang mudah dan murah untuk mendapatkan publisitas, yang sangat berguna ketika ada proyek besar untuk dipromosikan.

Julia Roberts bergabung dengan Instagram pada Juni 2018, dan sebulan kemudian, Amazon merilis teaser pertama untuk serial TV pertamanya, "Homecoming."

Jake Gyllenhaal memulai akun Instagram pada bulan Desember tahun itu untuk mengkonfirmasi perannya dalam "Spider-Man: Far From Home.” Nicole Kidman, yang memiliki halaman Facebook, bergabung bersama rekan-rekannya “Big Little Lies” dengan membuat akun Instagram pada Januari 2018 setelah memenangkan Golden Globe untuk serial ini.

Alasan lain yang muncul, mengapa selebriti akhirnya membuat akun Instagram, juga karena kebanyakan aktor atau aktris sering melakukan konferensi pers untuk mempromosikan pertunjukan dan film baru mereka.

"Tidak jarang produser akan secara eksplisit meminta bintang-bintang itu untuk mempromosikan juga proyek-proyek tersebut pada akun media sosial mereka individu," kata seorang pengacara litigasi Jordan Matthews yang banyak melakukan kerja sama dengan artis-artis di dunia hiburan. "Itu tidak harus dalam  sebuah kontrak, dan kadang-kadang itu terjadi," tambahnya.

Sementara kewajiban kontrak untuk memposting di media sosial kehadiran media sosial mungkin tidak menjadi norma di industri hiburan, itu menjadi lebih di mana-mana, kata Marc Simon, wakil ketua departemen hukum hiburan di Fox Rothschild. Tetapi persyaratan tergantung pada proyek dan status aktor yang bersangkutan.

"Selebriti yang memiliki banyak pengikut dan yang membintangi proyek jangka panjang mungkin lebih mungkin diminta untuk mempromosikan di akun mereka. Selebriti yang tidak memiliki akun sendiri mungkin diminta untuk melakukan pengambilalihan akun lain," kata Marc Simon, wakil ketua departemen hukum hiburan di Fox Rothschild.

Memilih untuk bergabung dengan media sosial adalah pilihan pribadi, kata Simon. "Tapi saya pikir itu adil untuk mengatakan Jennifer Aniston, dia adalah individu yang tidak berada di media sosial, yang tidak bergabung dengan media sosial untuk keuntungan pribadi. Dia melakukan ini untuk kehidupan profesionalnya."

Bisa juga, bintang dengan jumlah pengikut yang besar dapat memanfaatkan media sosial mereka untuk mendapatkan kontrak kerja  yang lebih baik. “Jadi, studio dan perusahaan distribusi tidak harus memasukkan uang ke dalam bentuk iklan dan mereka hanya meminta aktor mempromosikannya di media sosial, maka argumennya adalah uang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, bisa juga untuk membayar aktor,” kata salah seorang pengamat lainnya, Matthews saat mengungkap pendapat mengapa Jennifer Aniston bergabung di Instagram.

Sumber artikel asli