MILZERU – 10 November dikenang sebagai Hari Pahlawan, di mana bangsa Indonesia kembali mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Hingga kini, perjuangan belum berhenti, bukan untuk merebut kemerdekaan, melainkan untuk mengisi kemerdekaan.

Generasi penerus mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara, salah satunya melalui seni untuk mengharumkan nama Indonesia. Nah, beberapa aktris berikut ternyata masih merupakan keturunan Pahlawan Nasional. Siapa saja mereka?

Dian Sastro

Aktris bernama lengkap Dian Sastrowardoyo ini melejit namanya lewat film Ada Apa dengan Cinta. Ternyata, Dian adalah cucu dari pahlawan pergerakan Indonesia, Profesor Sunario Sastrowardoyo.

Kecerdasan Dian sepertinya diturunkan oleh sang kakek yang merupakan tokoh politik penting. Prof. Sunario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Beliau adalah mantan Menteri Luar Negeri Indonesia yang ke-7, Menteri Perdagangan yang ke-12, serta Duta Besar Indonesia untuk Inggris. Beliau juga sempat mendedikasikan diri di dunia pendidikan sebagai Rektor Universitas Diponegoro, Semarang tahun 1963.

Dian sempat berbagi kisahnya dengan sang pahlawan. "Saya waktu kecil pernah ketemu Eyang Nario. Saya berumur 5 tahun, dan beliau sudah tuaaaa sekali. Eyang kakung saya adeknya yang ke-11. Beda usianya jauh sekali," tulisnya di Instagram beberapa tahun lalu.

Asri Welas

Asri Welas

Terkenal dengan peran-perannya yang kocak, Asri yang seorang seniman asal Jogja ternyata keturunan seorang pahlawan. Leluhur Asri merupakan pahlawan besar, yaitu Pangeran Diponegoro.

Beliau dikenal sebagai pemimpin Perang Diponegoro yang menelan korban paling banyak dalam sejarah Indonesia. Asri sendiri baru mengetahui dirinya masih keturunan Pangeran Diponegoro beberapa tahun silam. Ia merupakan keturunan ke-7 dari pejuang hebat tersebut.

Maia Estianty

Istri Irwan Musri ini merupakan keturunan dari tokoh pergerakan penting di Indonesia, yang juga merupakan seorang Pahlawan Nasional. Maia adalah cicit dari HOS Cokroaminoto, pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI).

Lewat unggahan di Instagram, hari ini Maia mendapat kesempatan menerima penghargaan mewakili eyang buyutnya. Ibu dari Al, El, dan Dul ini tentu saja merasa bangga memiliki buyut yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Dalam sebuah wawancara, Maia mengungkap, "Saya tahu menjadi keturunan HOS Cokroaminoto dari bapak. Saat SD saya diberitahu. Pasti bangga punya eyang pejuang," katanya.

Celine Evangelista

Celine Evangelista

Aktris cantik yang baru saja melahirkan anak keempat ini adalah cicit buyut seorang pejuang bangsa. Dalam salah satu unggahan di media sosial, Celine berziarah ke makam kakek buyutnya, H. Fadeli Luran di Makassar, Sulawesi Selatan.

Beliau adalah sosok yang menyatukan umat Muslim. Bersama H.M. Daeng Patompo dan Andi Baso Amir, beliau mendirikan organisasi untuk menampung aspirasi kelompok umat Islam yang ada agar tak lagi bermusuhan.

Sumber artikel asli