MILZERU – Punya wajah yang mirip dengan orang lain masih membuat siapa pun yang melihatnya terkejut. Termasuk ketika seseorang mengatakan bahwa dirinya memiliki saudara kembar.

Dari sekian banyak selebriti Korea, beberapa di antaranya ada yang punya saudara kembar yang jarang diketahui oleh publik. Alasannya bisa karena sengaja untuk tidak diekspos, atau memang orang tersebut tidak berkecimpung di industri hiburan.

Seperti dilansir dari IntipSeleb, berikut adalah daftar selebriti Korea yang memiliki saudara kembar. Ada yang biasmu gak?

Kwangin dan Youngmin Eks Boyfriend

Jo Kwangmin dan Jo Youngmin
Sumber Foto: Naver

Masih ingat dengan dua personil Boyfriend yang merupakan saudara kembar? Yup, Kwangmin dan Youngmin tergabung dalam grup yang sama sejak 2011 dan memutuskan untuk bubar delapan tahun setelahnya. Kini, keduanya sibuk mengisi variety show garapan CubeTV bertajuk Lovely 95s.

Kwangmin dan Youngmin lahir pada 24 April 1995 dengan perbedaan waktu hanya enam menit. Banyak orang yang mengatakan bahwa sulit membedakan saudara kembar satu ini karena keduanya sangat mirip atau hampir identik. Namun, terlepas dari wajah mereka yang mirip, Kwangmin dan Youngmin justru mengaku lebih banyak memiliki perbedaan daripada kesamaan.

“Aku iri dengan sifat Kwangmin yang ceria. Aku cenderung takut akan perubahan, jadi aku selalu merasa seperti terjebak dalam kebiasaan,” kata Youngmin. Di sisi lain, Kwangmin menimpalkan, "Aku ingin menunjukkan sisi tulus dari diriku. Sepertinya akan menyenangkan jika kami memiliki setengah kepribadian dari diri masing-masing,” ungkapnya, dikutip dari Soompi

Choa dan Way Crayon Pop

Choa dan Way Crayon Pop
Sumber Foto: Soompi

Choa dan Way (Nama Asli: Heo Min Jin dan Heo Min Seon) juga kembar identik. Pada September lalu, keduanya merilis lagu bertajuk My Universe sebagai grup duo. Ini adalah pertama kalinya Choa dan Way meluncurkan karya bersama sejak 2017 silam. 

Seperti diketahui, saudara kembar ini sempat tergabung dalam Crayon Pop dan subunit-nya, Strawberry Milk. Sekarang, Way diketahui meniti karier barunya sebagai seorang vlogger dan content creator di YouTube dan Twitch, sementara Choa fokus menjadi aktris.

Meskipun keduanya tampak sangat mirip, fitur wajah mereka sangat berbeda satu sama lain lho guys! termasuk bentuk rahang, telinga, dan hidung. Choa memiliki telinga seperti peri, sedangkan Way terlihat lebih bulat.

Kim Junsu JYJ dan Kim Junho

Junsu JYJ dan Kim Junho
Sumber Foto: Daum

Kim Junsu dan Junho sama-sama penyanyi yang sukses. Seperti diketahui, Junsu memang memulai debutnya sebagai idola Kpop dan tergabung dalam DBSK sebelum akhirnya berpisah, membentuk JYJ. 

Sang saudara kembar, Junho, awalnya tidak tertarik membangun karier di industri musik. Pria kelahiran 15 Desember 1986 itu sempat menekuni olahraga baseball. Namun cedera yang dialaminya memaksa Junho untuk mencari mata pencaharian baru. Pada 2010, ia memulai debutnya sebagai penyanyi dan lebih aktif di Jepang dan Tiongkok dengan nama panggung Zuno.

Ryu Hyo Young dan Ryu Hwa Young

Ryu Hyo Young dan Ryu Hwa Young
Sumber Foto: Instiz

Tidak seperti kebanyakan kembar identik, Hyoyoung dan Hwayoung tidak debut dalam grup yang sama, membuat publik lebih mudah untuk membedakan keduanya. Hyoyoung tergabung dengan grup Coed School dan F-ve Dolls, sementara Hwayoung merupakan personil baru dalam T-ARA. Namun kini, mereka telah meninggalkan grup masing-masing dan fokus pada bidang lain. 

Huh Gak dan Huh Gong

Huh Gak dan Huh Gong
Sumber Foto: XSportNews

Walaupun belum setenar saudara kembarnya, Huh Gong perlahan-lahan mengukuhkan namanya sebagai penyanyi solo. Keduanya terjun ke industri musik Korea melalui program audisi. Huh Gak memenangkan ajang Super Star K2 tahun 2015 silam. Sedangkan Huh Gong adalah salah satu finalis di The Voice Korea.

Menjadi solois yang tidak pernah absen bertengger di tangga musik ketika merilis lagu, Huh Gak disebut-sebut sebagai pesaing kuat di antara penyanyi terkenal lainnya seperti IU, Heize, Melomance, dan masih banyak lagi. 

Kang Joo Hee dan Kang Seung Hee Wink

Kang Joo Hee dan Kang Seung Hee
Sumber Foto: DongA & TopStarNews

Bukan berasal dari genre musik Kpop, dua penyanyi trot ini juga tak kalah terkenal di Korea Selatan. Lahir pada 29 Juni 1983, Kang Joo Hee dan Kang Seung Hee membentuk sebuah duo bernama Wink. Mereka melakukan debutnya pada 2008 silam. 

Daeryong dan Soryong

Daeryong dan Soryong
Sumber Foto: The Fact & Asia Today

Selain gaya dan warna rambut yang berbeda, Daeryong dan Soryong terbilang cukup sulit untuk dibedakan. Keduanya bahkan mengakui sempat kesulitan membedakan paspor satu sama lain. Nah, saudara kembar ini melakukan debutnya dengan membentuk duo kembar pertama di Korea bernama TASTY. Namun sejak perseteruan dengan pihak agensi Woollim Entertainment terkait pembubaran grup tahun 2016 lalu, saudara kembar ini menghentikan kariernya di Negeri Ginseng dan kembali ke Tiongkok.

Been dan Jin

Been dan Jin MVP
Sumber Foto: Koreaboo

Nah, kalau dua idola Kpop ini baru saja melakukan debut sebagai bagian dari boyband MVP pada 2017 lalu. Artis asuhan PH Entertainment ini juga saudara kembar yang hampir identik sehingga sulit bagi orang untuk membedakan mereka. Untungnya, Been memiliki tahi lalat kecil di hidungnya yang dapat membantu kalian mengenali mereka.

Luna f(x) dan Park Jin Young

Luna f(x) dan Park Jin Young
Sumber Foto: Soompi

Siapa sangka, ternyata Luna f(x) memiliki saudara kembar bernama Park Jin Young. Yup, nama asli Luna adalah Park Sun Young. Meskipun keduanya sangat jarang memamerkan keakraban di media sosial, mereka sangat dekat satu sama lain. 

Pada program spesial Tahun Baru Imlek Immortal Song yang ditayangkan dua tahun lalu, Luna mengajak sang saudara kembarnya untuk tampil bersama, membawakan lagu Father yang dipersembahkan untuk ayah tercinta.

Diketahui, saudara kembar Luna juga ahli dalam bernyanyi karena mengambil jurusan musik vokal sewaktu kuliah. Ketika keduanya tampil di atas panggung, suara Luna dan Jin Young sukses menghipnotis para penonton. Wah, kira-kira saudara kembar satu ini bakal kolaborasi lagi gak yah?

Bang Yong Guk dan Bang Yong Nam

Bang Yongguk dan Bang Yongnam
Bang Yongguk (Kiri) – Bang Yongnam (Kanan) (Sumber Foto: Channel Korea)

Dan yang terakhir adalah mantan leader dari grup B.A.P, Bang Yong Guk. Dia juga diketahui memiliki saudara kembar bernama Bang Yong Nam. Keduanya lahir di salah satu rumah sakit di Incheon pada 31 Maret 1990. 

Bang Yong Nam lahir terlebih dahulu sehingga menjadikannya kakak laki-laki untuk Yongguk. Mengenai detail pekerjaan Bang Yong Nam, tidak banyak informasi yang beredar di internet. Berdasarkan rumor, dia juga menekuni bidang musik dan merupakan vokalis sebuah band rock. Jika dilihat dari penampilan keduanya, Yongguk dan Yongnam hampir sulit untuk dibedakan lantaran memiliki fitur wajah, bahkan suara dan penampilan yang sama.

Sumber artikel asli