MILZERU – Agnez Mo membuat pernyataan mengejutkan saat melakukan wawancara dengan Build Series by Yahoo belum lama ini. Tampak dalam video yang dipublikasikan di kanal YouTube, BUILD Series pada 22 November 2019 lalu itu, Agnez awalnya membicarakan tentang single terbarunya bersama French Montana bertajuk Diamonds. Ia juga membicarakan beberapa hal lain terkait dirinya.

Sang pembawa acara lalu menanyakan soal keberagaman di Indonesia. Saat itu lah, pemilik nama asli Agnes Monica Muljoto ini mengaku jika ia tidak memiliki darah dan hanya lahir di Indonesia.

"Sebenarnya, aku enggak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia," ujar Agnez Mo dalam video berjudul Indonesian Pop Artist Agnez Mo Talks New Music, Including Her Single, "Diamonds" itu.

"Aku juga (beragama) Kristen, dan mayoritas di sana (Indonesia) Muslim. Jadi, aku... Aku enggak akan bilang aku enggak pantas berada di sana karena orang-orang menerimaku apa adanya. Tapi, selalu ada perasaan kalau, aku tidak seperti orang-orang lainnya," sambungnya.

Tuai pro-kontra

Pernyataan Agnez Mo itu pun langsung disoroti netizen, salah satunya akun Twitter milik Permadi Arya. Dalam cuitannya, akun @permadiaktivis itu membagikan potongan video Agnez Mo yang memuat pernyataan mengejutkan itu. Ia pun langsung mengkritik sikap Agnez Mo yang dinilai lupa akan Tanah Air-nya sendiri. 

"Duh @agnezmo go international sampe segininya 'I dont have Indonesian blood whatsoever'. gini lho 'darah Indonesia' itu konsensus bersama Sumpah Pemuda identitas bangsa WNI. statement anda khianati saudara2 anda turunan tionghoa yang tiap hari masih berjuang ingin diakui as equal," tulis akun tersebut mengiringi cuitannya, Selasa, 26 November 2019.

Unggahan itu pun langsung menuai pro dan kontra dari netizen. Ada yang setuju namun ada pula yang meminta Permadi Arya melihat video lengkap dari wawancara tersebut. Pasalnya, di video tersebut Agnez sempat memberikan penjelasan tentang kecintaannya pada Indonesia.

Agnez Mo bereaksi

Dalam Instagramnya, Agnez Mo juga seakan meluruskan pernyataan mengejutkannya tersebut. Ia membagikan cuplikan video dalam Build Series itu saat ia menjelaskan jika Indonesia memiliki keberagaman budaya. Agnez mengaku bersyukur tumbuh dalam keberagamaan tersebut. 

Di keterangan fotonya, penyanyi 33 tahun itu lantas mengatakan jika dirinya ingin membuktikan pada dunia, meski hidup sebagai minoritas seperti dirinya ia tetap bisa meraih impiannya.

"Saya tumbuh dalam budaya yang begitu beragam. Inklusivitas budaya adalah apa yang saya perjuangkan. Bhinneka Tunggal Ika berarti kesatuan dalam keberagaman. Senang ketika saya dapat berbagi sesuatu tentang asal saya di negara saya. Saya akan selalu jujur dan bersaksi kepada dunia bagaimana minoritas seperti saya diberi kesempatan untuk memiliki mimpi dan mengejar impian kita," tulis Agnez Mo.

Sumber artikel asli