MILZERU – Penyanyi yang berhasil merambah industri musik Amerika serikat, Agnez Mo, baru-baru ini membuat Indonesia bangga dan menjadi bahan perbincangan karena mendapat undangan khusus dan hadir dalam acara penghargaan musik bergengsi American Music Awards 2019.

Tidak berselang lama, Selasa, 26 November 2019, nama Agnez Mo kembali menjadi perbincangan hingga menjadi viral di media sosial dan menjadi bahan pemberitaan banyak media. Hal tersebut karena pernyataan yang dilontarkan olehnya.

Penyanyi yang lahir di Jakarta itu mengungkapkan bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia. Agnez mengutarakan hal tersebut dalam sebuah talkshow di Amerika Serikat, bertajuk Build Series by Yahoo.

Awalnya, presenter dalam acara tersebut bertanya kepada Agnez soal keberagaman Indonesia, kemudian bertanya perihal kenapa Agnez terlihat berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Agnez dengan tenang dan santai menjawab pertanyaan tersebut.

"Iya, karena sebetulnya saya tidak punya darah Indonesia. Saya sebetulnya (berdarah) Jerman, Jepang, dan China, dan saya lahir di Indonesia," ujar Agnez dalam video yang diunggah ke YouTube pada 22 November lalu.

Sontak saja, apa yang dikatakannya itu menjadi polemik panas yang bergulir di masyarakat, khususnya warganet. Banyak pihak menyalahkan Agnez dengan apa yang diucapkannya, bahkan tak sedikit yang mempertanyakan rasa nasionalisme pelantun Nanana tersebut.

Agnez pun sempat mengunggah sebuah video ke akun Instagram pribadinya sebagai klarifikasi. Melalui caption yang ditulisnya, rekan duet Chris Brown itu mengaku sangat bangga bisa lahir dan besar di Indonesia. Saking cinta dan bangganya Agnez kepada Indonesia, ia selalu bercerita tentang sisi positif negara Indonesia, seperti yang terlihat juga dalam talkshow tersebut.

“Saya tumbuh dalam budaya yang begitu beragam. Inklusivitas budaya adalah apa yang saya perjuangkan. Bhinneka Tunggal Ika berarti Bhinneka Tunggal Ika. Senang ketika saya dapat berbagi sesuatu tentang asal saya di negara saya. Saya akan selalu jujur dan bersaksi kepada dunia bagaimana minoritas seperti saya diberi kesempatan untuk memiliki mimpi dan mengejar impian kita," tulis Agnez Mo di akun Instagramnya dengan tagar #indonesiarepresents.

Meski banyak yang mencibir, tak sedikit yang memberi dukungan kepada penyanyi bernama asli Agnes Monica Muljoto itu. Warganet pun ramai menggunakan tagar #WeStandAGNZMO sebagai bentuk dukungan kepada Agnez Mo hingga menjadi trending topic nomor satu di Twitter.

#WeStandAGNEZMO jadi trending topic.

Sumber artikel asli