MILZERU – Ashfall atau Baekdusan, tengah memimpin tangga box office Korea Selatan sejak naik layar pada 19 Desember 2019. Setelah satu minggu tayang, film yang berfokus pada bencana alam ini sudah menembus angka 4 juta penonton. Daebak!

Menjadi salah satu film terlaris di Negeri Ginseng jelang akhir tahun, Ashfall sukses meraup 1 juta penonton di hari ketiga penayangan, 2 juta di hari keempat, dan 3 juta pada hari keenam. Di tengah-tengah persaingan film, Ashfall berhasil bertahan dalam pertarungan box office dan mengukuhkan posisinya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Korean Film Council pada 25 Desember, film Ashfall sudah menyentuh angka lebih dari empat juta penonton. Lebih spesifik, sebanyak 4.178.147 penonton. Pencapaian ini sangat mengesankan, lantaran mampu mengalahkan waktu yang dibutuhkan untuk film Extreme Job (8 hari), The Thieves (8 hari), Veteran (9 hari), dan Ode to My Father (12 hari) untuk mencapai tonggak yang sama. 

Sebenarnya, apa yang spesial dari film Ashfall hingga mencapai kesuksesan sedemikian rupa? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

Film Ashfall Bertabur Bintang

Ashfall
Sumber Foto: Hancinema

Selain karena jalan cerita yang ditawarkan cukup menarik, faktor lain yang membuat moviegoers semakin antusias menonton film ini karena jajaran para pemainnya. Film Ashfall dibintangi oleh nama-nama aktor dan aktris ternama, yang kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi.

Ada kehadiran tiga aktor veteran sekaligus, antara lain Lee Byung Hun, Ha Jung Woo, serta Ma Dong Seok. Mereka sama-sama didapuk menjadi pemeran utama. Ini pun menjadi kesempatan perdana bagi ketiganya terlibat dalam film yang sama. Selain itu, aktris Jeon Hye Jin dan Bae Suzy juga turut ambil bagian sebagai pemeran pendukung.

Sinopsis Film Ashfall

Ashfall
Sumber Foto: Hancinema

Bergenre aksi-petualangan, Ashfall mengisahkan peristiwa letusan vulkanik Gunung Baekdu di era modern. Letusan ini dianggap sangat berbahaya karena sangat masif hingga mampu melenyapkan Semenanjung Korea. Maka dari itu, sebuah tim ditugaskan untuk menghentikan erupsi gunung berapi agar Korea tidak menghilang dari peta Korea untuk selamanya. 

Tim tersebut terdiri dari Jo In Chang (Ha Jung Woo), pakar ledakan sekaligus kapten tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) yang bertugas di Korea Selatan, bekerja sama dengan perwira angkatan darat Korea Utara bernama Ri Joon Pyung (Lee Byung Hun) serta profesor geologi Kang Bong Rae (Ma Dong Seok). Jeon Yoo Kyung (Jeon Hye Jin) pun menjadi penanggung jawab atas operasi tersebut.

Nantinya, akan diceritakan pula sedikit mengenai keluarga Jo In Chang, yang mana dia memiliki seorang istri bernama Choi Ji Young (Bae Suzy). Kondisinya sangat terancam karena dia berada di tengah kota ketika situasi penuh kekacauan. Akankah mereka berhasil menyelamatkan diri sendiri beserta orang-orang yang dicintai?

Gunung Baekdu adalah Tempat ‘Suci’

Gunung Baekdu
Sumber Foto: Hankyung

Gunung Baekdu merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di antara perbatasan Tiongkok dan Korea Utara. Melansir CNNIndonesia, gunung tertinggi di Semenanjung Korea ini memiliki peran penting dalam kebudayaan masyarakat dan dianggap ‘suci’. Kaldera gunung disebut-sebut tercipta dari letusan hebat yang diduga terjadi pada 946 Masehi dan menyebabkan perubahaan iklim di Manchuria. 

Bagi kamu yang ingin menonton film ini, tak perlu khawatir guys! Karena film Ashfall dijadwalkan tayang di Indonesia pada 8 Januari 2020 mendatang. Siapa yang sudah tidak sabar?

Sumber artikel asli