MILZERU – EURECA merupakan sebuah acara kompetisi bisnis berskala nasional yang diselenggarakan oleh Student Board 2019/2020 S1 Universitas Prasetiya Mulya dibawah naungan divisi Personal Development. Pada tahun yang ke-10 ini, EURECA 2020 kembali dibentuk dengan mengusung tema “STEADFAST: Seizing Economic Turbulence to Achieve Sustainability”. Tema tersebut memiliki makna bahwa seluruh entrepreneur generasi penerus bangsa harus paham akan situasi pasar demi mengoptimalkan bisnis di era modern saat ini. Maka dari itu, EURECA bertujuan menjadi wadah bagi siswa/i SMA dan Universitas untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang bisnis dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri generasi muda, serta untuk mempererat relasi, koneksi serta kolaborasi antara Universitas Prasetiya Mulya dengan berbagai Universitas dan Sekolah Menengah Atas yang ada di Indonesia. EURECA sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2010 dan terus mengalami kemajuan setiap tahunnya. 

2

Berikut merupakan penjelasan dari tiga kompetisi utama dalam EURECA yaitu Business Plan Competition (BPC), Marketing Plan Competition (MPC), dan Management Debate Competition (MDC):

Business Plan Competition (BPC) terbuka bagi SMA dan Universitas yang ada diseluruh Indonesia. Dalam kompetisi BPC, para peserta ditantang agar mampu menciptakan ide bisnis inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan pasar dalam masyarakat. Tahap pertama yang perlu dilakukan oleh peserta adalah mengumpulkan paper yang akan diseleksi. Apabila lolos seleksi paper tersebut, para peserta akan mengikuti technical meeting dan diajak berkunjung ke suatu perusahaan bisnis guna mendapatkan inspirasi. 

3

Marketing Plan Competition (MPC) diadakan khusus bagi mahasiswa/i yang ada di Indonesia. Pada kompetisi MPC, partisipan akan dilatih untuk mengasah problem solving skill yang dimiliki melalui real life case yang diberikan oleh perusahaan case contributor. 

Selain itu, partisipan akan berkesempatan untuk mengikuti company visit ke perusahaan case contributor. Management Debate Competition (MDC) adalah kompetisi debat berbahasa inggris yang baru diadakan sejak tahun 2015, dimana akan membahas mosi-mosi seputar perekonomian Indonesia, regulasi-regulasi, hingga hubungan kerjasama internasional untk memperikat tali persahabatan antar negara. MDC terbuka bagi seluruh pelajar dengan rentang umur antara 18-25 tahun dan dapat berasal dari institusi yang berbeda. 

Kompetisi MDC ini mampu meningkatkan wawasan peserta melalui mosi seputar perekonomian Indonesia sesuai dengan tema besar EURECA 2020.

1

Acara EURECA 2020 akan berlangsung mulai dari Rabu, 26 Februari 2020 s/d Sabtu, 29 Februari 2020. Pendaftaran early bird telah dibuka sejak tanggal 20 Oktober 2019 s/d 19 November 2019 dan pendaftaran akan ditutup pada 15 Januari 2020. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website www.eurecaid.com atau melalui contact person yang tertera pada poster.

4

So, are you the next winner of EURECA 2020? Go prove it, register your team now!