MILZERU – Nasib malang tengah menimpa penyanyi muda asal Amerika Serikat, Billie Eilish. Pelantun lagu Bad Guy tersebut gagal menjalankan bisnis fashion dengan terpaksa harus menarik kembali lini produk miliknya.

Padahal sebelumnya, Billie Eilish bersama dengan merek fashion Siberia Hills melakukan kolaborasi untuk merilis busana dengan desain menarik. Alasan dibalik batalnya perilisan produk fashion itu ternyata karena masalah penjiplakan gambar karakter yang terletak dalam busana tersebut.

Hal tersebut tentunya merugikan banyak pihak. Koleksi fashion milik Billie Eilish yang sempat dirilis dalam waktu singkat itu berupa kaus dan jaket hoodie. Siberia Hills sendiri adalah merek fashion yang didirikan pada tahun 2017 lalu, oleh seorang desainer hadal Rusia bernama Daf Orlovsky.

Menjiplak karya milik Makoto Kurow

Sumber foto: www.News.artnet.com

Seperti yang diketahui sebelumnya, Billie dianggap meniru karakter anime milik seorang seniman bernama Makoto Kurokawa. Billie juga dikabarkan tidak meminta izin terhadap si pemilik desain sebenarnya secara langsung. 

Salah seorang warganet berhasil membuktikan bahwa Billie memang menjiplak karya Makoto Kurokawa dalam desain T-Shirt dan hodie-nya tersebut. Desain hasil kolaborasi Billie Elish dengan merek fashion Siberia Hills ini memang mirip dengan gambar Nozomi Tojo karya Makoto Kurowa (foto sebelah kiri).

Desain menggambarkan empat sosok wanita yang mengenakan bikini. Hanya saja ada sedikit perbedaan, yaitu warnanya yang sedikit diubah, dan tulisan nama Billie yang tertulis dalam bahasa Jepang pada bagian bawah gambar (foto sebelah kanan).

Kemarahan Makoto Kurowa

Sumber foto: www.aceshowbiz.com

Tak hanya itu, si pemilik aslinya, yakni Makoto Kurowa langsung angkat bicara lewat sebuah pernyataan yang ia posting lewat Twitter. Dilansir dari laman Aceshowbiz, Makoto Kurowa tampak menunjukkan kemarahan sekaligus kekecewaanya terhadap sikap dari Billie Eilish dan Siberia Hills yang tanpa izin tiba-tiba merampas karyanya tersebut. 

Respons masyarakat

Sumber foto: www.metro.co.uk

Setelah bukti-bukti penjiplakan tersebut ramai diperbincangkan oleh banyak penggemar sekaligus Makoto Kurowanya langsung, Billie langsung mendapatkan banyak hujatan sekaligus hinaan. Penyanyi 17 tahun itu ditekan untuk segera menarik kembali produk fashion tersebut.

Berhenti produksi dan minta maaf

Setelah mendapatkan banyak tekanan sekaligus komentar jahat yang mengarah kepada Billie, akhirnya Siberia Hills mengungkapkan permintaan maafnya kepada Makoto Kurawa. Kesalahan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Siberia Hills.

“Kepada seniman berbakat tuan Makoto  Kurawa, kami memohon maaf karena mengambil karya seni Anda atas barang dagang kolaborasi kami dengan Billie Elish. Billie dan timnya tidak menyadari bahwa kami menggunakan karya seni Anda, mereka hanya percaya produk,” ungkap pihak Siberia Hills. 

Tak hanya itu, kabarnya Siberia Hills juga telah membatalkan semua produksi kolaborasi mereka dengan Billie Eilish dan akan mengembalikan semua pemesanan. 

Menyukai Anime

Sumber foto: www.cosmopolitan.com

Dilansir dari laman Metro, penyanyi yang baru berusia 17 tahun ini ternyata pernah mengatakan bahwa ia menyukai hal-hal yang berbau anime. Maka tidak heran apabila Billie Eilish dan Siberia Hills berkolaborasi untuk membuat busana dengan desain anime. Namun, tetap saja, menggunakan karya orang lain untuk keperluan pribadi apalagi bisnis bukanlah hal yang boleh dilakukan. 

Sumber artikel asli