MILZERU – Film asal Korea Selatan ‘Parasite’ yang disutradarai Bong Joon Ho dan Han Ji Won baru saja meraih kemenangan bergengsi di ajang penghargaan Piala Oscar 2020, namun baru-baru ini kabarnya film “Parasite” dituding melakukan plagiat pada film India ‘Minsara Kana’ tahun 1999. Produser fil India yaitu PL Thenappan dikabarkan akan menggugat film ‘Parasite’ dengan tuduhan plagiarisme karena alasan memiliki kesamaan inti cerita dalam filmnya. 

Hal ini berawal dari laporan media India Today yang menyatakan bahwa produser Minsara Kanna P.L. Thenappan telah menuduh Parasite memplagiat filmnya. Produser P.L. Thenappan bahkan menyatakan tekadnya untuk membawa kasus ini ke meja hijau. 

Parasite

"Aku melihat film Korea Selatan ‘Parasite’ dan aku rasa mereka telah mencuri inti dari film ‘Minsara Kanna’. Aku sedang berdiskusi dengan pengacara internasional dan berencana mengajukan kasus terhadap produsen Parasite segera," ungkap produser P.L. Thenappan seperti kepada India Today.

Di sisi lain, sutradara film Minsara Kanna merasa kebahagiaannya karena Parasite telah memenangkan empat piala Oscar yaitu . Namun bicara soal tindakan hukum, ia tak memiliki kewenangan untuk ikut campur. 

Parasite

"Aku senang bahwa cerita ‘Parasite’ telah menerima penghargaan Oscar, meskipun itu ‘Minsara Kanna’ menjadi inspirasi. Namun, mengajukan kasus ke pengadilan tergantung pada produsen," ujar  sutradara K.S. Ravikumar.

Sehubungan dengan tudingan tersebut, perusahaan produksi ‘Parasite’ yakni CJ Entertainment akhirnya angkat suara. Perwakilan CJ Entertainment menyatakan bahwa mereka belum bisa berkomentar banyak karena belum menerima informasi yang lebih detail.

"Kami tidak memiliki pengetahuan tentang klaim plagiarisme dari sebuah film India. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini," konfirmasi pihak CJ Entertainment.

Kedua film tersebut diperkirakan memiliki narasi yang sama, yaitu dimana satu anggota dari keluarga miskin melamar pekerjaan di keluarga kaya, yang kemudian membawa satu demi anggota keluarga lainnya untuk bekerja dalam rumah keluarga kaya tersebut. Namun jika ditelaah lebih detail, “walaupun alur ceritanya mirip, motif karakter di kedua film tersebut sangat berbeda” ungkap pendapat India Today.