MILZERU – Google mengumumkan rencana untuk menghentikan program Google Station. Saat diluncurkan, Google tidak sendirian dalam upaya menghadirkan WiFi gratis tersebut. Mereka menggandeng rekanan lokal, yakni perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar.

google

Program yang diluncurkan di Indonesia  pada tahun 2017 ini bermaksud untuk meningkatkan akses internet bagi mereka yang mungkin tidak mampu membeli atau membiayai koneksi internet. Tidak hanya di Indonesia, program yang sudah berjalan di negara-negara berkembang lain, seperti India, Meksiko, Thailand, dan Nigeria, yang juga akan dihentikan

Namun, pada beberapa tahun akhir ini, Jason Tedjasukaman selaku Head of Corporate Communications Google Indonesia mengatakan alasan pemberhentian program Google Station dikarenakan perubahan teknologi dan semakin murahnya harga data paket internet seluler di Indonesia.

"Masih ada beberapa bulan lagi. (Akses layanan itu akan berhenti) akhir tahun ini. Contohnya di India, semenjak Google Stations dibuat tahun 2016, harga data sudah turun 95%. Saya tidak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga datanya turun," kata Jason di sela acara peluncuran program Grow with Google di Perpustakaan Nasional di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Alasan kedua penutupan layanan ini dikarenakan Google mengalami kesulitan menghasilkan uang dari program Google Station. Dalam pernyataannya Google mengatakan bahwa mereka menghadapi tantangan berupa berbagai persyaratan teknis dan infrastruktur dari mitra mereka di seluruh negara, sehingga ini juga telah mempersulit pengembangan Stasiun dan operasionalnya.

google

Sebagai alternatif, Google menyediakan aplikasi-aplikasi ringan, seperti Youtube Go, Maps Go, atau Google Go. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya berukuran kecil tetapi juga mengonsumsi data lebih sedikit dibanding aplikasi reguler dan kebanyakan aplikasi ini ditanamkan di ponsel level menengah.

Google juga bekerja sama dengan beberapa vendor smartphone untuk program Android Go, sistem operasi Android versi ringan untuk ponsel berspesifikasi rendah.