MILZERU – Kawasan perbukitan di Mojokerto, Jawa Timur bernama Ranu Manduro tiba-tiba viral di sosial media karena pemandangannya mirip seperti tayangan film Jurrasic Park. Ranu Manduro merupakan bekas galian tambang pasir dan kapur yang sudah tidak aktif lagi. Akibat sumber dayanya yang mulai habis, penambang pun meninggalkannya. Ada juga rumor yang mengatakan tambangnya belum memiliki izin resmi sehingga ditutup paksa oleh pemerintah.

3

Lokasi Ranu Manduro terletak di desa Manduro MG (Manggung Gajah). Dari Kota Mojokerto jaraknya sekitar 32 km (48 menit) ke arah timur, kalau dari Kota Surabaya sekitar 50 km (1 jam 4 menit) ke arah selatan (Gempol Pasuruan, sedangkan dari Kota Malang, kurang lebih 64 km (1 jam) ke arah utara.

Masih belum banyak orang yang tahu tentang Ranu Manduro membuat danau ini bagaikan gadis kembang desa yang belum tersentuh. Pemandangan yang cukup indah dan asri untuk menyejukan mata. Terdapat juga sejumlah batu yang menjadi 'aksesoris' pemandangan di Ranu Manduro.

2

Sampai saat ini, Ranu Manduro belum menjadi tempat wisata alam yang resmi di kelola pemerintah setempat. Jadi belum ada penarikan karcis tiket masuk, namun hanya perlu membayar biaya parkir dengan harga Rp 5.000,-.