MILZERU – Baru-baru ini, pernyataan mengejutkan di paparkan oleh Solois asal Wales yang mempunyai judul lagu lawas ‘Mercy’ yaitu Duffy. Duffy baru saja mengungkapkan bahwa dirinya telah melewati sejumlah pengalaman mengerikan. Dia bercerita mengenai dirinya pernah mengalami pelecehan seksual, diperkosa, dibius, dan disekap selama beberapa hari.

Pengakuan itu dipaparkan secara terang-terangan melalui unggahan Instagram pribadinya, Rabu (26/02/20). Duffy menjelaskan saat ini ia sudah aman. Namun ia tidak menceritakan kejadian tersebut secara detail. Menurutnya, ia telah menuturkan seluruh pengalaman itu kepada seorang jurnalis pada musim panas lalu, dan bahwa cerita itu siap dipublikasikan.

"Sejujurnya, dan tolong percayalah, saya baik-baik saja dan aman sekarang, saya telah diperkosa dan dibius dan disekap selama beberapa hari. Tentu saja saya bertahan. Pemulihan butuh waktu. Tidak ada cara mudah untuk mengatakan hal ini," tulisnya di Instagram.

Meski begitu, Duffy juga mengatakan bagaimana sebenarnya dirinya membutuhkan waktu yang lama untuk berpikir dan sebelum akhirnya berani mengungkapkan pelecehan yang telah dialaminya ke publik. 

Duffy juga mengaku bahwa dirinya tidak mampu menjelaskan alasan mengapa dirinya baru memberanikan diri untuk membuka kasus pelecehan yang dialaminya.

"Anda hanya dapat membayangkan berapa kali saya berpikir untuk menulis ini. Cara saya menulisnya, bagaimana perasaan saya setelahnya," ujar Duffy.

"Yah, (saya) tidak sepenuhnya yakin mengapa sekarang adalah waktu yang tepat, dan apa yang terasa menyenangkan dan membebaskan bagi saya untuk berbicara. (Namun) Saya tidak bisa menjelaskannya," lanjut Duffy.

Dalam unggahan yang sama, Duffy berkata peristiwa itu menjadi penyebab dirinya sempat menghilang dari dunia musik. "Banyak dari antara kalian yang bertanya-tanya ke mana saya dan kenapa [menghilang]," tulisnya

Setelah insiden tersebut, Duffy pun menjelaskan alasan menghilang dirinya yaitu karena butuh proses dan waktu berjuang keras untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Meski begitu, Duffy menekankan bahwa saat ini, ia merasa baik-baik saja.

Selain itu, Duffy juga menambahkan alasan mengapa dirinya tidak menuangkan rasa sakitnya melalui sebuah lagu. Dalam keterangannya, penyanyi Inggris inipun menuturkan pilihannya untuk tidak menunjukkan kesedihannya kepada dunia.

Duffy pun mengatakan dirinya siap menjawab semua pertanyaan dalam wawancara yang akan ia unggah dalam beberapa pekan ke depan. Sebagai penutup, dirinya memohon kepada publik untuk menghormati keputusan dan mendukungnya, serta tidak mengganggu keluarganya.