MILZERU –  Sebelumnya siapa disni yang punya teman introvert? Pasti diantara kalian tentu punya teman yang sikapnya cinderung tertutup, bisa jadi dia mempunyai sifat karakter introvert. Sebenarnya nih, orang introvert itu tidak seharusnya dipandang negatif, mereka sebenarnya sama dengan orang biasanya, namun ada hal yang membuatnya berbeda dengan orang pada umumnya.

Mungkin kamu menganggap orang introvert itu orang aneh, tapi jangan asal ngejudge dulu ya gengs, karena sebelum kamu menjustifikasi mereka, kamu harus mengetahui sifat sebenarnya mereka seperti apa, sehingga kamu bisa berteman dengan mereka tanpa mengusik kehidupanya.

Orang Introvert juga bisa berteman kok, bahkan mereka juga bisa asik loh, namun tergantung gimana caranya kamu memperlakukan mereka gengs, oleh karena itu ketika kamu berteman dengan mereka, alangkah baiknya, kamu mengetahui sifat – sifatnya terlebih dahulu agar mereka bisa merasa nyaman dengan kehadiran kita tanpa harus mengusiknya.

Tapi Sebelum kita mengetahui sifat dan cara menghibur orang introvert, tentunya bagi yang belum tau introvert itu apa, yukk disimak!

Introvert merupakan jenis sifat atau karakter seseorang yang cinderung tertutup, biasanya mereka lebih senang berdiam dan menyendiri. Mereka juga tidak tertarik dengan hubungan sosial yang acak, sehingga mereka tidak nyaman bila berada di keramaian, dan sulit untuk bergaul.  

Karakter Introvert ada lawanya nihh, yaitu Extrovert yang merupakan kebalikan dari introvert, bila introvert itu tertutup dan pendiam, orang Extrovert justru lebih luwes dan terbuka, biasanya mereka lebih cinderung tertarik untuk bersosialisasi, menyampaikan keluh kesahnya secara terbuka, dan mudah bergaul. 

Oke Back to the topic! Sebelum kita membahas bagaimana cara berteman skaligus menghibur orang introvert, ada baiknya kita mengetahui sifat yang biasa dimiliki oleh orang introvert nih gengs, ada apa saja sih? yukk disimak lagi!

1. Tidak Suka Bicara Dengan Orang Banyak

hampa berlayar akankah berlabuh?

Perlu diketahui gengs, orang introvert tidak suka berada di keramaian, apalagi bila harus berbicara dengan orang banyak, hal ini justru membuatnya tidak nyaman, mereka justru merasa canggung dan minder, karena pada dasarnya orang introvert itu pemalu. 

2. Lebih Suka Berkomunikasi Lewat Chatting Ketimbang Telepon.

bewok main hape

Orang introvert tidak menyukai bicara langsung, mereka lebih suka berkomunikasi melalui tulisan, namun semua itu tergantung dengan siapa mereka bicara, kebanyakan orang introvert akan lebih luwes bicara, hanya kepada orang terdekatnya saja.

3. Senang Dengan Kesendirian

alone vibes

Ini nihh yang identik banget dari orang introvert, mereka cinderung senang menyendiri, baik dalam hal kesibukan maupun lagi santai, mereka mennikmatinya seorang diri, karena bagi orang introvert, dengan menyendiri mereka mudah mengeluarkan inspirasi.

4. Lebih Peka Terhadap Pikiran Dan Perbuatan Sendiri

.

Karena cinderung lebih suka bermain dengan pikiranya sendiri, mereka menyadari hal yang mengenai dirinya, baik perbuatan maupun perasaan, oleh karena itu mereka sadar akan sebab atau akibat dari perbuatan yang dilakukanya.

Mereka menanggap bahwa kesadaran diri itu nomor satu, sehingga mereka lebih banyak meluangkan waktu sendirinya untuk melakukan hal yang bermanfaat, seperti instropeksi diri, membaca buku, dan melakukan hobi. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam diri.

5. Tidak Suka Berkumpul/Nongkrong Bila Tidak Penting

minum

Kebanyakan orang introvert, tidak suka nongkrong atau kongkow bersama teman bila tidak penting, tapi tergantung bersama siapa ia nongkrong, jika bukan bersama teman baik atau terdekatnya, mereka enggan untuk membaur, tapi jika bersama teman terdekatnya mereka justru tertarik untuk ikutan, karena pada dasarnya orang introvert memiliki Circle Pertemanan yang sempit.

6. Sering Melamun

meelamun

Orang introvert lebih sering melamun, karena mereka membiarkan pikiranya berjalan sendiri. bagi mereka hal ini dilakukan untuk menenangkan pikiranya agar terlepas dari suatu kondisi yang membuatnya tidak nyaman.

7. Kudet Alias Kurang Update Soal Trend

Mereka cinderung kurang update soal trend, meskipun ia tahu trend apa yang sedang booming saat ini, bagi mereka hal itu tidak penting untuk diikuti, karena mereka tidak seperti orang kebanyakan yang sering mengalami stress sosial yang membuat orang merasa harus mengikutin trend dalam pergaulanya. 

8. Mudah Baperan 

berasep

Orang introvert lebih mudah baperan loh gengs, maka dari itu hati – hati jika berbicara denganya. Bila ucapanmu ada yang menyakitkan atau membuat dirinya tidak nyaman, siap – siap aja kamu bakal dicuekin oleh mereka. 

 

Nahh sekarang sudah tau kan gengs, gimana prilaku orang introvert. setelah kamu tahu perilaku mereka, pastinya ketika kamu ingin berinteraksi denganya, kamu harus menyesuaikan diri dulu nih dengan mereka jangan sampai membuatnya malah tidak nyaman denganmu, oleh karena itu ada tips nih buat kamu bila ingin mendekati orang introvert, mau tau?? yuk cekidot!

1. Bahas Sesuatu Yang Penting Dan Menarik, Jangan Banyak Basa-Basi

menikmati sajian khas berselera

Inget gengs satu hal yang perlu kamu tau ketika berinteraksi dengan mereka. Orang introvert tidak suka basa- basi, cobalah bahas sesuatu yang penting dan berbobot, karena mereka tidak suka buang – buang waktu .Contoh: jangan pernah mengajak mereka main tiktok ya gengs! hehe....

2. Jangan Menelpon, ​Cobalah Lewat Chatting, Bila Ingin Berkomunikasi. 

321

Orang introvert cinderung lebih suka menulis, dibandingkan bicara langsung, maka dari itu jika ingin berkomuikasi denganya, alangkah baiknya lewat Chatting saja, namun bukan berarti kamu dilarang untuk menelponya. cukup sekali atau dua kali saja kamu menelponya.

3. Bersikap Ramah, Buat Dia Nyaman Sama Kamu

bewok pacaran

Cobalah untuk bersikap ramah dan santun, buat dia nyaman sama kamu, karena mereka cinderung selektif dalam memilih teman, oleh karena itu mereka butuh teman yang baik dan dapat dipercaya. sehingga mereka lebih mudah berekspresi dengan orang yang ia anggap bisa dipercaya dan menutup rahasia dalam dirinya.

4. Pahami Karakter Dia Sesungguhnya

no capt

Dengan memahami karakter dia, otomatis kamu bisa tahu apa yang dia suka dan apa saja yang membuat dia tertawa, oleh karena itu perbanyaklah mengobrol denganya, jadilah pendengar yang baik untuk dirinya, agar dia merasa nyaman sama kamu.

5. Hindari Pembicaraan Soal ‘Ghibah’

ghibah

Bila kamu bicara dengan orang introvert, hindari hal ini, karena bicara soal ghibah seperti menjelekan orang lain, mengumbar aib seseorang, bergosip dan semacamnya, otomatis mereka orang introvert justru tidak akan percaya padamu lagi, dan pastinya kamu akan dijauhi oleh mereka, karena pada dasarnya mereka selalu selektif dalam berteman, mereka hanya bisa nyaman dengan orang yang bisa dipercaya. 

6. Jadilah Pendengar Yang Baik

be a good listener

Dalam hal ini, kamu sebagai sahabat  jangan hanya banyak ngomong, jadilah pendengar yang baik, beri dia kesempatan untuk bicara, karena dengan dia bicara kamu dapat mengetahui karakter sesungguhnya dia seperti apa, sehingga kamu mudah menghiburnya, dan pastinya dia akan memberikan timbal balik kepadamu. 

7. Jangan Heran Bila Dia Sering Diam Dan Menyendiri

sepi sendirian, ramai kesepian

Dengan diamnya dia kepadamu, bukan berarti dia marah sama kamu. Sebagai teman alangkah baiknya bila kamu bertanya ada apa padanya, bila dia sedang dirundung masalah, berilah dia solusi, atau setidaknya jangan biarkan dia menghadapi masalahnya sendiri.

Itulah beberapa cara menghibur orang introvert, bila kamu mempunyai teman yang introvert sebaiknya lakukan hal tersebut. intinya jadilah orang yang bisa dipercaya untuknya, otomatis mereka akan setia padamu, dan satu hal lagi yang perlu diingat gengs, beri dia semangat, jangan remehkan kemampuanya, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekuranganya masing – masing, jika dia tidak bisa melakukan sesuatu yang kamu bisa, ajari dia, jangan pelit!