MILZERU – Siapa tak kenal dengan John Lennon? Musisi yang namanya terkenal lewat grup band ‘The Beatles’ yang karya-karyanya tak pernah pudar ditelan zaman. Bahkan, salah satu dari kalian kemungkinan penggemarnya. Bukan hanya itu, gitar akustik ini pun pernah menjadi milik George Harisson.

Satu buah peninggalan bersejarah dari frontman band asal Liverpool ini baru saja dilelang yaitu Gitar bermerek ‘J-160E Gibson’. Gitar akustik tersebut pernah digunakannya dalam rekaman dan penulisan lagu ‘Love Me Do’ dan ‘I Want to Hold Your Hand’

John Lennon & George Harrison

Dikonfirmasi Gitar dengan merk ‘J-160E Gibson’ telah terjual dengan harga 400 ribu pund sterling atau setara Rp. 7,1 miliar pada hari Sabtu (7/11) oleh rumah lelang Julien’s Auctions di Los Angeles kepada seorang pembeli yang tidak ingin namanya diketahui oleh publik.

Rumah lelang itu menggambarkan instrument itu sebagai “gitar yang paling penting dalam sejarah The Beatles dikarenakan bahwa gitar tersebut adalah salah satu dari gitar akustik yang diterbangkan dari Amerika ke Inggris pada tahun 1962”.

Satu persatu gitar tersebut diberikan kepada Lennon juga George Harrison. Lennon menggunakan gitar tersebut hanya setahun saja kemudian menukarkannya dengan milik Harrison, namun setelah selesai konser ‘The Beatles Finsburry Park Christmas Show’ pada tahun 1963 gitar ini hilang. 

John Lennon & George Harrison

Setelah sekitar 50 tahun hilangnya gitar ini tanpa diketahui keberadaan, suatu waktu hadir seorang pria asal California yang menemukan gitar tersebut. Ia mengatakan bahwa mungkin gitar ini memiliki satu nilai sejarah yang berharga.

Disisi lain, Ahli barang antik dari Inggris, Jon Baddeley, menganggap harga gitar ini merupakan yang paling mahal selama 25 tahun belakangan.

"Bagi kolektor gitar, ini merupakan gitar langka. Bayangkan jadi penggemar The Beatles, memiliki satu gitar yang pernah dimiliki John Lennon dan George Harrison, apakah ada sejarah yang lebih baik dari itu? Mereka bintang rock paling penting Abad 20," katanya. 

John Lennon dan George Harrison

Pria yang dikabarkan pada saat ini memiliki gitar itu mengatakan bahwa Harrison memberikan instrumen tersebut kepadanya. Menurut Harrison, pria itu bisa memainkan gitar itu lebih baik dari dirinya. Ia pun tak pernah memikirkan harga gitar itu karena dia juga masih sering memainkan instrumen tersebut di kala senggang.

“Saya tidak pernah memikirkan nilai karena George adalah teman saya. Saya tidak tahu harus berkata apa, tapi saya kaget juga nilainya sebesar itu,” katanya. Kemudian dirinya menambahkan, “Saya tidak menyadari bisa senilai itu. Beruntung saya tidak menyimpannya saja di rumah.