MILZERU –  Baru – baru ini publik dihebohkan dengan kabar 2 WNI Positif Corona di Kota Depok, hal ini yang membuat masyarakat dibuat ‘parno’ bukan main, bagaimana tidak? dunia sebelumnya sempat heran mengapa Indonesia bebas Corona, bahkan ada yang bilang, kalau orang Indonesia itu kebal virus Corona karena beberapa hal, mulai dari gaya hidupnya, dan makanan yang dikonsumsi. Namun perspektif itu tidaklah bertahan lama setelah 2 WNI Positif Corona. Mereka sendiri terjangkit setelah melakukan kontak fisik dengan salah satu WN Jepang yang positif terjangkit Virus Corona.

Tapi jangan panik dulu gengs! semua itu bisa dicegah bila kita mengetahui apa saja persiapan dan gejalanya. dengan mengetahui gejalanya, setidaknya kita bisa meminimalisir dengan memeriksakanya ke dokter lebih cepat.

gejala dan pencegahan virus corona

Oke langsung aja gengs kita bahas gejala virus Corona, ada baiknya kita juga mencegahnya dengan melakukan beberapa aktivitas yang dapat menjaga sistem pertahanan tubuh kita, tapi sebelum kita mengetahui gejala virus Corona tentu kita harus tau lebih dulu ada penyebab virus Corona tersebut.

Perlu diketahui gengs, persebaran Virus Corona disebabkan melalui beberapa hal yang sering kita temui dan hindari. Beberapa hal tersebut menjadi salah satu faktor utama penyebaran virus, yaitu antara lain:

  • Air Liur (Bersin dan batuk), maka hindarilah orang yang mengalami penyakit tersebut, dan gunakan selalu gunakan masker.
  • Menyentuh Bagian Tubuh Orang Terinfeksi
  • Menyentuh bagian tubuh kita setelah menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus Corona.
  • Kotoran Manusia itu sendiri (Tinja atau feses).

dilansir dari kompas, terdapat pola gejala Virus Corona yang umumnya dialami oleh penderita corona di China, yaitu antara lain:

Pada hari pertama, Pengidap mengalami demam. pada tahap ini pengidap akan merasakan nyeri otot, kelelahan, dan batuk kering. sebagian kecil dari mereka mengalami diare selama satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke 5, Pengidap akan merasakan sulit bernapas

Hari ke 7. Menurut penelitian Universitas Wuhan, hari ketujuh merupakan hari dimana berapa lama pengidap akan dirujuk ke rumah sakit.

Hari ke 8. dimana kondisi pengidap mulai parah. menurut CDC China, dalam tahap ini pengidap akan mengalami sindrom pernapasan akut ARDS, yaitu penyakit yang terjadi karena terdapat cairan terkumpul di paru-paru penderita virus Corona.

Hari ke 10, kemungkinan besar pengidap akan dirawat di ruang ICU, karena pada hari kesepuluh, merupakan tahap terparah yang akan dihadapi penderita corona, mereka akan mengalami sakit perut, dan kehilangan nafsu makanya, namun kemungkinan kematian hanya sebesar 2% 

Hari ke 17 Dimana rata – rata pengidap yang sudah pulih boleh keluar dari rumah sakit dan melanjutkan kembali hidupnya seperti semula. 

Itulah gejala virus corona, maka dari itu, bila kamu mulai merasakan tahap awal dari gejala tersebut, alangkah baiknya langsung diperiksakan ke dokter, ingat mencegah lebih baik dari mengobati gengs!

Kalau tadi kita bahas gejala dan penyebabnya virus Corona, Berikut adalah cara Pencegahan virus Corona, lakukan dengan gaya hidup sehat seperti:

​Cuci Tangan Dengan Sabun Antiseptik

penyebab dan gejala virus corona

Setelah kita melakukan aktivitas baik di luar maupun di dalam rumah ada baiknya kita langsung cuci tangan dengan sabun, karena setelah melakukan aktivitas, secara tidak sengaja kita memegang fasilitas publik yang belum tentu higenis, namun bukan hanya di luar, ketika di dalam rumah juga harus waspada, yakni cuci tangan setelah makan dan jangan lupa untuk membersihkan rumah secara rutin

Gunakan Masker Bila Kondisi Badan Kurang Vit

penyebab dan gejala virus corona

Penggunaan masker saat kondisi badan kurang vit tentu sangat penting. Dengan memakai masker kita dapat terhindar dari virus yang mengancam, bukan hanya menghindari, dengan masker juga dapat mencegah penularan penyakit yang kita idap ke orang lain, seperti halnya flu dan batuk.

Konsumsi Gizi Yang Seimbang

penyebab dan gejala virus corona

Yang ini jangan dianggap spele ya gengs!,  karena dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, otomatis imunitas dalam tubuh kita akan meningkat, sehingga dapat pula meminimalisir gejala virus Corona atau virus lainya masuk dalam tubuh kita.

Jangan Menkonsumsi Daging Mentah

penyebab dan gejala virus corona

Meski produsen makanan banyak yang menyajikan daging mentah, alahkah baiknya tetap dihindari, karena olahan dalam daging mentah belum tentu higenis, apalagi kalau mengolahnya asal -  asalan, otomatis bakteri akan singgah di daging tersebut. dan yang pasti akan berdampak buruk bagi yang memakanya.

Hindari Kontak Dengan Binatang

penyebab dan gejala virus corona

Terkadang jika kita suka dengan binatang, Anjing misalnya, biasanya kita langsung memegangnya saking gemasnya, namun dari sekarang lebih hati – hati jika kontak dengan binatang, apalagi binatang liar yang kehidupanya di daerah kotor, untuk itu segera cuci tangan dengan sabun antiseptik bila kontak dengan binatang.

Segera Periksakan Ke Dokter Bila Batuk, Pilek, Dan Sesak Nafas.

penyebab dan gejala virus corona

Jika merasakan batuk, pilek, dan Sesak nafas yang tak kunjung henti, ada baiknya segera periksakan ke dokter, takutnya hal itu bisa menjadi gejala virus corona, untuk itu jangan sampai terlambat pergi ke dokter bila hal yang tidak diinginkan terjadi padamu.

Rajin Olahraga dan Istirahat Yang Cukup

penyebab dan gejala virus corona

Nah ini yang terakhir gengs, Setelah bangun tidur, ada baiknya kita olahraga secara rutin di pagi hari, namun ingat! semua itu tidak akan maksimal bila kamu tidak istirahat dengan cukup, oleh karena itu imbangi aktivitas olahragamu dengan istirahat yang cukup.

Nahh itu tadi beberapa pencegahan agar kita tetap hidup sehat dan terhindar dari bahaya virus corona, oleh karena itu lakukanlah beberapa tips tadi ya gengs, ingat! jangan cuma diliat atau dipahami aja ya gengs, tapi Lakukanlah! karena hidup kamu ditangan kamu juga gengs!