MILZERU – Virus Corona menjadi topik terhangat sejak dua pekan terakhir Januari 2020. Virus ini mendadak menjadi teror mengerikan bagi masyarakat dunia, terutama setelah merenggut nyawa ratusan orang hanya dalam waktu dua pekan.

Virus Corona jenis baru ini atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) mulai menjadi perhatian masyarakat dunia pada 20 Januari 2020, otoritas kesehatan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, mengatakan tiga orang tewas di Wuhan setelah menderita pneumonia atau penyakit pada saluran pernapasan yang disebabkan virus.

Diketahui pertama kali muncul di pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan. Dilaporkan kemudian bahwa banyak pasien yang menderita virus ini dan ternyata terkait dengan pasar hewan dan makanan laut tersebut. Orang pertama yang jatuh sakit akibat virus ini juga diketahui merupakan para pedagang di pasar itu.

Semakin waktu berlalu hingga virus Corona menyebar di 65 negara di dunia, menembus batas-batas politik, ekonomi, dan kelas sosial. Mulai dari turis, dokter dan perawat, hingga pejabat negara tidak terlepas dari risiko penularan virus ini.

Penyebaran virus dianggap bisa terjadi melalui kontak fisik, hingga kebiasaan sehari-hari yang umum pun terpaksa harus dihindari demi mencegah penyebaran virus yang lebih luas. Di seluruh dunia, masyarakat terpaksa mengubah kebiasaan mereka di tempat kerja, di sekolah, hingga di tempat-tempat ibadah.

Seperti dilansir AFP, berikut ini negara-negara yang harus mengabaikan tradisi budaya mereka demi kesehatan:

  1. China 

Akibat Virus Corona, Dunia Mengubah Tradisi Menyapa

Pemerintah China telah mengambil tindakan tegas dan cepat demi membatasi penyebaran virus Corona. Setelah langkah penutupan kota dan membatasi aktivitas publik, melalui pengeras suara Pemerintah China menghimbau para warganya untuk tidak berjabat tangan. Mereka dihimbau melakukan gestur gong shou. Untuk pria, tangan kanan setengah mengepal, dan kemudian tangan kiri memegang tangan kanan di depan dada, dan begitu sebaliknya untuk perempuan.

  1. Prancis 

Akibat Virus Corona, Dunia Mengubah Tradisi Menyapa

Penduduk Prancis terkenal dengan cara menyapa yang diikuti dengan cipika-cipiki dalam acara informal, meski baru saling mengenal. Menurut ahli etiket Philippe Lichfus, berjabat merupakan budaya yang relatif baru yang dimulai sejak abad pertengahan. Alih-alih, menurutnya cara yang tepat disituasi ini adalah menatap mata seseorang ketika baru berjumpa dirasa sudah cukup.

  1. Iran 

'Jabat kaki' adalah sebuah praktik tradisi menyapa baru muncul di Iran dikarena negara terkena kasus infeksi virus Corona dengan kasus meninggal mencapai 66 orang. Sebagai tradisi menyapa yang unik dan baru, tentu saja praktik ini langsung menjadi viral di dunia maya. Tak ketinggalan, 'Jabat kaki' ini juga ditiru oleh dua selebriti Lebanon, Ragheb Alama dan Michel Abou Sleiman.

  1. Australia 

Akibat Virus Corona, Dunia Mengubah Tradisi Menyapa

Pemerintah Australia melalui Menteri Kesehatan New South Wales Brad Hazzard juga menghimbau masyarakatnya untuk tidak berjabat tangan, dan melakukan ciuman dengan hati-hati. Menteri Kesehatan menganjurkan agar tradisi menyapa diganti menjadi saling menepuk punggung untuk sementara waktu, terutama dalam situasi merebaknya virus Corona.

  1. Uni Emirat Arab 

Akibat Virus Corona, Dunia Mengubah Tradisi Menyapa

Uni Emirat Arab menghimbau  para penduduknya untuk menghentikan sapaan tradisional dengan saling menempelkan hidung, berjabat tangan, atau ciuman, dengan melambaikan tangan sudah cukup.

  1. Amerika Serikat 

Akibat Virus Corona, Dunia Mengubah Tradisi Menyapa

ESPN menyatakan bahwa liga bola basket NBA telah mengeluarkan rekomendasi untuk para pemain agar berinteraksi dengan para penggemar untuk tidak menerima bola atau kaos untuk ditandatangani. Selain itu, tradisi menyapa high-five ditiadakan sementara waktu dan sebaiknya digantikan dengan fist bump, atau saling menempelkan kepalan tangan.

Bagaimana nih teman-teman menurut pendapat kalian? Apakah warga Indonesia akan menyusul untuk membuat tradisi menyapa yang unik, kreatif, dan menarik? Tentunya, pastikan kalian selalu mencuci tangan dan menutupi mulut saat kalian saat batuk dan bersin ya teman-teman.