MILZERU – Virus corona (COVID-19) dinyatakan telah masuk ke Indonesia. Dua orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah berkontak langsung dengan pria asal Jepang yang diketahui juga terinfeksi virus corona. Menyusul datangnya virus corona, harga masker dan hand sanitizer melonjak naik.

Sejak berita merebaknya virus corona di China tepatnya di kota Wuhan, sebenarnya banyak warga mulai mencari masker dan hand sanitizer. Kedua benda ini tiba-tiba langsung jadi langka setelah pengumuman dari presiden Jokowi bahwa corona telah masuk ke Indonesia. Dalam waktu singkat, masker dan hand sanitizer menjadi dua barang langka yang sangat sulit untuk didapatkan.

Tak hanya langka, masker dan hand sanitizer berubah menjadi barang mewah. Dua benda ini beredar dengan harga yang fantastis, jauh lebih tinggi dari harga biasa. Hal ini tentu saja membuat banyak orang merasa kesulitan. Sudah sulit menemukan masker dan hand sanitizer, sekalinya ketemu harganya selangit.

Permintaan Tinggi

Naiknya harga masker dan hand sanitizer disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat terhadap dua benda ini. Masker dan hand sanitizer dianggap mampu membantu menangkal virus corona. Warga ingin menggunakan masker karena dianggap bisa melindungi tubuh dari virus berbahaya termasuk virus corona.

Sementara itu, hand sanitizer banyak dicari karena dianggap sebagai alat cuci tangan yang praktis dan mudah. Kedua benda ini menjadi bekal penting yang harus dibawa oleh semua orang saat beraktivitas sehari-hari. Tingginya permintaan membuat banyak pihak berusaha mencari keuntungan dengan menaikkan harga masker dan hand sanitizer.

Hanya Sementara

Melonjaknya harga masker dan hand sanitizer dinilai hanya terjadi untuk sementara. Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, mengungkapkan bahwa harga masker dan hand sanitizer akan segera stabil. Kondisi ini hanya akan terjadi untuk sementara, mengikuti rasa takut kita terhadap penularan virus corona.

Setelah situasi semakin terkendali, permintaan terhadap masker dan hand sanitizer diprediksi akan kembali normal. Lalu, apa yang bisa dilakukan sambil menunggu masker dan hand sanitizer bisa didapat dengan harga normal? Tak ada yang bisa dilakukan selain menerapkan gaya hidup yang benar untuk menangkal virus corona.

Pakai dengan Bijak

corona

Daripada panik membeli masker dan hand sanitizer dalam jumlah banyak, mari kita mulai bijak dari sekarang. Agar harga masker dan hand sanitizer kembali stabil maka kita harus ikut membantu. Kurangi penggunaan masker dan hanya pakai masker jika memang sedang sakit.

Pemakaian hand sanitizer bisa dikurangi dengan kebiasaan mencuci tangan secara rutin. Cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun jauh lebih efektif membunuh kuman di tangan. Gunakan hand sanitizer hanya jika sedang bepergian dan benar-benar tidak ada air di sekitar kita.

Biasakan diri hidup bersih sehat mulai dari sekarang. Semoga serangan virus corona bisa teratasi dengan baik dan tidak menyentuh banyak orang. Dan semoga masalah harga masker dan hand sanitizer melonjak naik bisa segera teratasi.