MILZERU – Siapa nih yang gembira setelah mengetahui keputusan pemerintah untuk menambah hari pelaksanaan cuti bersama? Hal tersebut diputuskan usai rapat bersama di kantor Kementerian Koodinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada (09/03/20).

Pengumuman yang disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, dikarenakan guna memberikan stimulus sektor pariwisata yang sedang lesu. Pertimbangan penetapan cuti dianggap tepat karena akan memberikan dampak postif terhadap perekonomian nasional.

Pasti setelah mengetahui keputusan pemerintah ini, kalian bersama teman atau keluarga langsung mempersiapkan rencana untuk mencari destinasi wisata liburan nanti. Tenang gengs! Milzeru.com telah merangkum tempat rekomendasi untuk mengisi waktu liburan kamu.

Penasaran? Kepoin yuk!

  1. Museum Tengah Kebun

​​

Rekomendasi Pariwisata Indonesia

Terletak di di Kemang, tepatnya Jalan Kemang Timur 66, Jakarta Selatan, Museum ini memiliki pintu gerbang dari kayu yang besar dan menutupi bentuk bangunan di dalamnya. Memasuki pintu gerbang, kamu akan disuguhkan halaman museum yang amat luas. Bangunan utama museum masih menyerupai rumah dengan sekeliling adalah perkebunan. Tempat ini sering disebut lorong waktu karena di kanan kirinya, tanaman-tanaman tumbuh dengan subur. Di museum ini, banyak koleksi-koleksi barang antik seperti topeng, patung, sampai fosil pohon, fosil kerang, dan fosil lebah raksasa. Selain itu juga banyak benda bersejarah seperti arca, wayang, keramik, peti kayu, lemari, dan lain sebagainya. Di sini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, tapi harus membawa rombongan paling sedikit 7 orang dan paling banyak 12 orang.

  1. Desa Candirejo

​​

Rekomendasi Pariwisata Indonesia

Lokasi Candirejo dekat dengan Borobudur, sekitar 2.5 hingga 3 km. Desa ini berbatasan dengan Desa Pulutan, Kesongo, Rawa Pening, Jombor, dan masih banyak desa lainnya. Alamnya eksotis, indah, dan belum banyak pembangunan seperti di kota. Warganya ramah-ramah dan masih menjaga tradisi asli serta lingkungannya. Desa ini juga bisa dibilang sebagai “simbol Jawa.” Lingkungan desa wisata Candirejo masih terpelihara kealamian dan keasliannya. Nuansa pedesaan khas Jawa sangat terasa. Kamu bisa berkeliling desa dengan jalan kaki, menyewa sepeda ontel atau naik delman. Desa Candirejo juga dilengkapi dengan sarana akomodasi yang cukup baik. Untuk mempertahankan suasana pedesaan yang masih asli, maka sarana akomodasi yang disediakan di desa Candirejo berupa pondok-pondok penginapan (homestay) yang diusahakan sendiri oleh masyarakat setempat. Ada 20 rumah penduduk yang digunakan sebagai homestay di desa wisata Candirejo.

  1. Kayu Aro

​​

Rekomendasi Pariwisata Idonesia

Kayu Aro adalah perkebunan teh penghasil teh hitam atau juga dikenal dengan nama: teh orthodox. Terletak di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, perkebunan ini memiliki aspek ketinggian 1.600 meter dpl dan luas 2.500 hektar dan menjadikan Kayu Aro sebagai perkebunan teh peringkat dua dunia.

  1. Museum Tsunami

​​

Museum Tsunami Aceh

Dengan konsep menarik, museum ini ingin memberitahu apa yang sebenarnya terjadi di bulan Desember tahun 2004 yang lalu. Misalnya, pemakaman massal Gempa Tsunami Aceh. Letaknya cukup strategis, yaitu hanya memakan waktu 10 menit berkendara dari bandara, berlokasi di jalan Sultan Iskandarmuda, kira-kira 1 km dari Masjid Baiturrahman. Tidak hanya berfungsi sebagai monumen peringatan tsunami, pengunjung yang datang juga seolah dapat merasakan kejadian tsunami Aceh tahun 2004 silam. Di dalamnya terdapat lima ruang tematik yang punya pesan masing-masing.

  1. Taman Nusa

 

Rekomendasi Priwisata Indonesia

​​Dibuka pada bulan Juli 2013, Taman Nusa Bukanlah replika Taman Mini Indonesia Indah (TMII), sebab Taman Nusa adalah taman wisata yang merunutkan perjalanan sejarah dan budaya bangsa kita. Khususnya untuk seni arsitektur dan bangunan dari waktu ke waktu. Letak Taman Nusa berlokasi di Desa Sidan, Gianyar, Bali, memiliki luas sekitar 15 hektar, dikelilingi pegunungan hijau, sawah-sawah, jurang, hutan, dan Sungai Melangit. Taman Nusa dijadikan sebagai pusat perkenalan budaya Indonesia. Selain itu, taman ini juga diharapkan sebagai sarana pelestarian, rekreasi, dan pendidikan.

Nah, gimana nih rekomendasi destinasi wisata diatas? Menarik dan antimainstream bukan. Adakah yang masuk ke list destinasi wisata liburan kalian? Jangan lupa juga untuk siapkan amunisi yang lengkap segera, seperti fisik prima, budget pengeluaran, dan perlengkapan untuk travelling.

Sumber: https://www.antvklik.com/headline/pemerintah-tambah-cuti-bersama-dan-libur-nasional-2020-ini-daftarnya