MILZERU – ​Mewabahnya virus Corona diseluruh dunia, termasuk dibeberapa wilayah Asia dalam belakangan terakhir ini hingga berdampak pada dunia industri musik dunia. Beberapa konser musik ataupun festival musik terpaksa harus ditunda ataupun dibatalkan. yang mulai menyebar di berbagai wilayah termasuk Amerika Serikat berdampak besar di industri hiburan. Salah satunya yaitu ‘Coachella 2020’. 

AKIBAT VIRUS CORONA, COACHELLA DITUNDA SAMPAI OKTOBER 2020

Dilansir dari NBC Los Angeles, dinyatakan sudah ada tiga warga Riverside County, California, yang terinfeksi virus corona pada Senin (9/3) kemarin. Dua dari ketiga pasien tersebut telah dikarantina di rumah masing-masing, sedangkan pasien ketiganya dalam tahap menjalankan perawatan di rumah sakit Coachella Valley.

Mengingat sudah merebak virus Corona diberbagai negara, termasuk tiga warga Riverside Country yang dinyatakan positif virus Corona, warga pun mengambil tindakan dengan membuat sebuah petisi untuk menuntut pembatalan Coachella 2020. Masyarakat Riverside Country megambil tindakan ini demi mencegah penularan virus corona di daerah tempat tinggalnya. Petisi itu sendiri pun telah ditandatangani lebih dari 16 ribu orang. 

AKIBAT VIRUS CORONA, COACHELLA DITUNDA SAMPAI OKTOBER 2020

Selaku pihak promotor Goldenvoice dari festival musik terbesar di dunia ‘Coachella 2020’, pihak promotor memberikan konfirmasi bahwa  festival musik tahunan yang seharusnya diselenggarakan pada 10-12 dan 17-19 April 2020 mendatang harus terpaksa ditunda.

Hal ini dilakukan karena adanya peristiwa penyebaran virus COVID-19 di daerah Coachella Valey dan tindakan ini diambil demi keselamatan agar para penyanyi dan penggemarnya tidak terkena dampak penyebaran virus Corona. 

AKIBAT VIRUS CORONA, COACHELLA DITUNDA SAMPAI OKTOBER 2020

Promotor Goldenvoice mengumumkan bahwa acara tahunan di Empire Polo Club, Indio yang dijadwalkan pada April ini ditunda sampai Oktober mendatang. Tidak hanya Coachella, promotor pun mengatakan bahwa wabah yang terjadi turut menunda gelaran Stagecoach Music Festival.

"Atas arahan pejabat dan otoritas kesehatan setempat, kami dengan sedih mengonfirmasi penjadwalan ulang Coachella dan Stagecoach karena masalah virus corona Covid-19," ujar pernyataan Goldenvoice, dikutip dari LA Times.

"Sementara keputusan ini datang pada ketidakpastian universal, kami memperhatikan keselamatan dan kesehatan tamu, staf, dan komunitas kami dengan sangat serius. Kami mendesak semua orang untuk mengikuti pedoman dan protokol yang diajukan oleh pejabat kesehatan masyarakat," tambah Goldenvoice selaku pihak promotor. 

AKIBAT VIRUS CORONA, COACHELLA DITUNDA SAMPAI OKTOBER 2020

Festival musik tahunan yang dikabarkan akan diselenggarakan di Empire Polo Club, Indio, California, direncanakan akan kembali diselenggarakan pada Oktober 2020 mendatang. Dikutip Hypebeast bahwa lini Coachella 2020 tidak akan berubaha, sehingga penggemar tetap dapat menyaksikan Rich Brian, NIKI, dan BIGBANG tampil di Coachella 2020, yang diperkirakan akan dimulai pada 9 Oktober 2020.

Beruntungnya para penggemar memberikan respon positif terhadap pembatalan Coachella 2020 dikarekan demi keselamatan agar para bintang tamu, penyanyi, dan penggemar tidak terkena dampak virus Corona. 

Namun disisi lain, pembatalan ini diperkirakan bakal memicu kerugian besar, mengingat bahwa Coachella tidak memiliki asuransi yang mencakup terkait virus atau penyakit menular, seperti yang terjadi pada kasus event konferensi dan festival industri musik South by Southwest (SXSW) ini.