MILZERU – Dalam rangka menjelang liburan, banyak hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan liburan menjadi nyaman, aman, dan  menyenangkan. Seperti halnya, ada beberapa larangan atau aturan yang wajib kamu ketahui sebelum berangkat liburan ke kota orang lain.

Pengetahuan mengenai lingkungan sosial dan budaya masyarakat di kota orang berbeda-beda, maka dari itu ada baiknya kita wajib mengetahui terlebih dahulu aturan atau larangan apa saja yang ada.

Hal tersebut menjadi sebuah keharusan agar tidak menyebabkan masalah dan menimbulkan perasaan tidak nyaman dengan masyarakat terhadap apa yang kita lakukan, agar tidak menyinggung dan memancing  emosi mayarakat setempat.  

Inilah 5 hal yang wajib di hindari ketika berlibur di kota orang: 

  1. Berkendara sendirian di tengah malam 

Rencana Liburan? Ini 5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berada Di Kota Orang

Aktivitas ini merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan ketika berkunjung di kota orang, apalagi jika kamu baru pertama kali menginjakkan kaki di kota tersebut. Untuk beberapa wilayah, memang ada yang memperbolehkan melakukan kegiatan berkendara di malam hari.

Namun untuk di kota yang tempatnya masih sepi akan sangat rawan melakukan kegiatan tersebut, karena hal tersebut bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti aksi begal. Untuk itu hindari berkendara sendiri di malam hari khususnya lokasi yang sepi dan terkenal dengan daerah rawan begal.

  1. Menelusuri tempat-tempat baru tanpa pengawas 

Rencana Liburan? Ini 5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berada Di Kota Orang

Bagi kalian solo traveller sebaiknya jangan melakukan kegiatan ini ketika berkunjung ke kota yang masih sepi dengan masyarakat sekitar, seperti kota Lampung. Hal ini untuk mencegah terjadinya tersesat dan bertemu dengan orang yang memiliki niat buruk kepada para traveller. Ada baiknya untuk kalian para solo traveller mengunjungi kota yang ramai dengan pengunjung, aman, dan dekat dengan pusat kota.

  1. Bertingkah laku buruk 

Rencana Liburan? Ini 5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berada Di Kota Orang

Ini merupakan hal penting yang harus diterapkan ketika berkunjung ke kota atau negara asing, seperti berprilaku baik, berpakaian sopan, dan menjaga mulut untuk tidak berkata kasar adalah hukum wajib bagi para wisatawan. Selain menunjukan etika sopan dan santun, hal ini juga untuk keselamatan kamu sendiri, agar ketika melakukan kegiatan liburan tidak ada pihak yang merasa sakit hati dengan apa yang kamu lakukan.

  1. Mendatangi tempat hiburan malam 

Rencana Liburan? Ini 5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berada Di Kota Orang

Sebaiknya ketika berkunjung ke kota orang, hindari terlebih dahulu untuk mendatangi tempat-tempat hiburan malam. Hal ini untuk menghindari kejahatan rampok, kekerasan fisik, penipuan, dan lainnya. Sekali lagi untuk solo traveller, untuk melakukan aktivitas di malam hari sangat tidak direkomendasikan.  

  1. Buang sampah tidak pada tempatnya 

Rencana Liburan? Ini 5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berada Di Kota Orang

Selama melakukan kegiatan liburan, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar karena perilaku membuang sampah sembarang adalah perilaku yang sangat buruk. Bukan hanya buruk, hal ini akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan memancing emosi bagi masyarakat sekitar, sehingga kesan yang ditinggalkan para wisatawan sangat tidak baik di mata masyarakat dan membuat para pengunjung lainya merasa tidak nyaman. Jika perilaku tersebut diketahui, maka kalian akan dikenakan denda atau hukuman dari pihak berwajib atau masyarakat yang langsung yang turun tangan untuk memberikan sanksi.

Nah, itu beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika kamu sedang melakukan liburan di kota atau negara orang. Walaupun kita sedang dalam posisi liburan, jangan lupakan untuk selalu menjaga cara berbicara dan berprilaku, agar tidak ada pihak yang merasa sakit hati dan tidak nyaman, baik masyarakat sekitar ataupun pengunjung lain.