MILZERU –  Cara Membuat Hand Sanitizer Mudah

Bertambahnya jumlah penderita virus corona, membuat banyak orang peduli terhadap kesehatannya. Salah satunya dengan rutin mencuci tangan. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran virus. Kini, kita bisa dengan mudah membuat hand sanitizer sendiri. Penasaran? Di sini kami akan menjelaskan cara membuat hand sanitizer.

Cara membuatnya sangat mudah sekali. Setiap orang pun bisa melakukannya. Ikutilah langkah-langkah berikut untuk membuatnya:

Bahan-Bahan

  • Jeli lidah buaya 1/3 cangkir
  • Alkohol gosok (isopropyl alcohol) 2/3 cangkir
  • Minyak esensisal, seperti lemon, peppermint, atau lavender 8-10 tetes
  • Minyak vitamin E 1/2 sdt (opsional)

Cara Membuatnya

Cara membuatnya sangat mudah. Silahkan Anda campurkan semua bahan di atas ke dalam wadah. Campurkan hingga merata. Usahakan jangan terlalu encer. Jika terlalu encer, silahkan Anda tambahkan lagi gel lidah buayanya.

Manfaat Masing-Masing Bahan

Bahan-bahan yang kita gunakan di atas, memiliki banyak manfaat. Alkohol yang digunakan, mampu membunuh bakteri dan virus dalam jumlah yang besar. Sedangkan untuk vitamin E dan lidah buaya yang digunakan, mampu menjaga kulit agar tetap lembap.

Inilah Cara Membuat Hand Sanitizer Gel di Rumah

Beberapa jenis minyak essensial yang Anda gunakan, memiliki kandungan antibakteri dan juga antivirus. Beberapa esensial tersebut seperti lavender, pohon teh, dan masih banyak lainnya. Sebelum digunakan, coba sedikit terlebih dahulu. Tes untuk mengetahui alergi tidaknya di tangan Anda.

Minyak esensial juga ternyata bisa menetralisir bau alkohol yang digunakan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis aroma minyak esensial sesuai selera.

Cara Menggunakan Hand Sanitizer

Agar digunakan secara optimal, ketahuilah cara menggunakannya. Nah, berikut, kami akan mengulas cara menggunakan hand sanitizer yang benar:

  1. Tuangkan gel di tangan Anda seukuran koin.
  2. Usapkan gel tersebut secara menyeluruh hingga merata dan mengenai hingga ke seluruh bagian. Pastikan juga gel merata ke ruas dan sela-sela jari.
  3. Usap gel pada tangan minimal 30 detik.
  4. Selama gel belum kering, jangan dulu menyentuh benda lain.

Manfaat Mencuci Tangan Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer diklaim sangat efektif untuk membunuh bakteri dan virus berbahaya yang menempel di tangan. Namun, Anda harus memperhatikan cara penggunaannya. Karena, efeknya akan berkurang jika tidak benar pada saat menggunakannya.

Hand sanitizer dapat membunuh virus yang menempel di tangan. Secara kasat mata, kita bisa saja melihat tangan kita bersih. Namun, ada mikro organisme yang tak kasat mata menempel di tangan kita. Itulah kenapa, kita harus menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan, dan membunuh kuman dan virus.

Inilah Cara Membuat Hand Sanitizer Gel di Rumah

Ada opini besar yang salah di mata medis tentang hand sanitizer. Opini tersebut menyebutkan, jika hand sanitizer digunakan secara terus menerus, maka akan menyebabkan kuman menjadi kebal. Padahal, anggapan tersebut salah besar. Kita wajib menggunakannya untuk mencegah virus.

Nah, itulah cara membuat hand sanitizer, lengkap dengan cara menggunakan, dan manfaatnya. Ingin mencoba membuatnya? Yuk, sediakan bahan-bahannya!